Keripik VS Kerupuk

Assalamu'alaikum .. 
Annyeonghaseo ??
Masih semangat menjalani aktivitas selama pandemi kan ? 
Jangan lupa untuk selalu bahagia ya, biar imunitas tubuh tetap terjaga.

Kaya aku nih, yang selalu bahagia, dikala waktu santuy tiba. 
Bareng keluarga menikmati secangkir teh manis panas disertai cemilan favorit keluarga. 
Ho ho ho .. indah nya dunia. 

Ngomongin masalah makanan, cemilan favorit kalian apa sih? 
Makanan ringan yang bikin beban kalian ikut ringan seringan awan.

Makanan ringan kaya apa ya,
Kerupuk ? Atau keripik ? 
Gak gitu juga kelezzz, mentang-mentang berat nya ringan.
Bisa juga aneka snack/chiki. 

FYi, kalian tau gak perbedaan kerupuk dengan keripik? 

Kalo kerupuk adalah makanan yang dibuat dari adonan, baik adonan yang berasal dari tepung, daging, buah, sayuran ataupun ke semua nya.

Sedangkan keripik biasanya berbahan baku sayuran, umbi/buah yang diiris tipis-tipis dan digoreng baik yang menggunakan tambahan tepung atau tidak. 

Pernah gak sih kalian merasa kecewa atau bahasa jawa nya kecele, karena tertipu dengan kemasan yang besar namun isi di dalam nya hanya sedikit.  

Aku sering banget nih, karena punya krucil yang kadang suka minta beliin snack. Kelihatannya kemasan nya besar, tapi pas di lihat isi nya cuma sedikit. Kenapa yaaa … ?? 

Kebetulan di daerah tempat aku tinggal, yang terletak di daerah Kebayoran lama selatan tepatnya di Jl Gandaria 1 Gg. H.Aom, dimana mayoritas warganya mempunyai penghasilan dari home industri, dan dikenal dengan hasil kerupuk dan tempe nya, kita bisa cari tahu jawaban nya disini gaes. 
Sekalian nanti aku mau membahas makanan yang sedang naik daun yaitu "Keripik Tempe".


Para pekerja pembuat keripik tempe

Ternyata usut punya usut, kira-kira jawaban nya seperti ini gaes, 

Perusahaan makanan ringan membuat kemasan yang jauh lebih besar dari isi nya ternyata ada maksud nya. 

Didalam dunia perkerupukan ada istilah nama nya Slack Fill yaitu memasukkan udara kedalam kerupuk agar kerupuk tidak gerah. 
(Knapa gak masukin kipas angin aja sekalian bro, wkwkwk .. )

100gram kerupuk setara dengan 2 (dua) piring nasi. 
Sekitar 400 - 500 kalori.
30% isi  dan 70% udara.

Wow, banyakan udara nya nih, sama aja beli udara kalau begitu. Hihihi .. 

Selain itu untuk menjaga keutuhan kerupuk selama masa pengiriman. 
Karena snack/kerupuk sifat nya mudah sekali rapuh dan pecah. Jadi butuh perlindungan ekstra gaes. 
Sekaligus untuk menghemat buble wrap juga, dengan begitu kemasan kerupuk bisa jadi bantalan saat ada guncangan. 

Nah, baru tau juga nih gaes ternyata udara yang dimasukkan kedalam kemasan bukan oksigen melainkan Nitrogen. Nitrogen di dalam kemasan tidak berbahaya gaes

Usut punya usut ternyata kalau  oksigen itu bisa membuat kerupuk jadi cepat kadaluarsa dan membuat kerupuk jadi tidak garing. 

Berbeda dengan Nitrogen. Senyawa yang satu ini bisa menjaga perasaan si kerupuk lho, agar ia tetap berasa dan garing. 

Kalau kamu garing gak  .. ?? 
Wkwkwk … 

Tapi kerupuk maupun keripik merupakan dua bersaudara yang menjadi makanan favorit keluarga dirumah aku. 

Sampe-sampe aku tuh langganan sama tukang kerupuk, dimana beli kerupuk sekaligus sekaleng. Jadi tukang kerupuk meminjamkan kaleng nya yang setiap seminggu sekali selalu diisi lagi dengan kerupuk yang baru.

Berhubung sebelah rumah aku sekarang ada  warung sembako dan jual aneka kerupuk juga, jadi ya berbagi rezeki dengan sebelah. Alias pindah beli kerupuk nya di warung sebelah.

Tadi kita sudah panjang kali lebar ngomongin kerupuk. Sekarang kita bahas tentang saudara nya yuk, keripik! 


Keripik Tempe

Enak benar memang tinggal didaerah rumah aku, selain strategis mau apa saja ada. Masuk turunan H. Aom sepanjang jalan terdapat wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah setiap orang. 

Mulai dari warteg, tukang pecel ayam,ikan bakar,nasi padang,soto, sate, mie ayam, bakso, somay,gado-gado dan kudapan seperti dimsum, sosis dan aneka seafood bakar,martabak,rujak, aneka kue kering dan banyak lagi deh .. 
Sampe bingung mau beli makan apa, apalagi bulan puasa. Hadehhh, jangan dikata deh, sepanjang jalan penuh dengan penjual yang menjajakan takjil. 

Kembali ke laptop.
Kali ini aku mau membahas tentang panganan keripik tempe. 
Kalau kalian main ke daerah tempat tinggal aku, kalian akan melihat calon bakal tempe yang sudah di bungkus bergelantungan di sepanjang jalan. 

Salah satu proses pembuatan tempe 


Dan aku, berkesempatan melihat langsung proses pembuatan kripik tempe yang enak, gurih dan renyah. Gimana proses nya,yuk kita lihat bersama - sama.  
Alat pemotong tempe untuk industri rumahan 
Mengemas keripik tempe dalam wadah plastik 

Pertama-tama kita siapkan bahan-bahannya dulu ya gaes.

Bahan - bahan : 
  1. Kacang Kedelai 500gram 
  2. Tepung Tapioka/kanji 500 gram
  3. Tepung beras 250 gram (bisa di skip ya)
  4. Ragi 

Bumbu halus :

  1. 5 siung Bawang putih
  2. 2 buah Kemiri
  3. secukupnya Lada
  4. secukupnya Ketumbar
  5. 1 sdm garam
  6. Penyedap rasa (saya pakai kaldu jamur) 
  7. Daun jeruk yang dirajang halus (bisa di skip, sesuai selera)
  8. 300 ml air atau bisa lebih tergantung tes rasa

Cara membuat keripik tempe : 

  1. Campur kan kedelai yang sudah di ragi dan tepung tapioka di dalam wadah/ baskom yang kering. 

  1. Setelah tercampur rata,masukkan kedalam plastik roll lalu ikat.Jangan lupa, usahakan agak di tekan-tekan ya supaya padat. (Ukuran plastik sesuai kebutuhan,saya pakai yang ukuran 10

  1. Tusuk-tusuk dengan menggunakan tusuk gigi/kawat.Diamkan tempe tadi di suhu ruangan selama 3 hari 2 malam. (Jangan letakkan tempe di lantai apalagi di tempat yang basah karena dapat menghambat proses pembentukkan jamur.

  1. Setelah tempe jadi. Iris tempe menggunakan pisau/kater/mesin pemotong tempe,agar irisan tadi tipis dan cantik.

  1. Siapkan bahan bumbu. Haluskan semua bahan kecuali air. Setelah halus campurkan ke dalam air (seperti bumbu membuat tempe goreng)

  1. Panaskan minyak untuk menggoreng. Gunakan api sedang. Usahakan minyak panas sempurna ya.

  1. Lalu ambil sedikit demi sedikit irisan tempe tadi dan celupkan sebentar saja dan langsung goreng. tapi masukkin tempenya satu persatu ya jangan langsung semua karena akan lengket dan tidak dapat dipisahkan untuk gorengan kedua nanti.
|
  1. Setelah penuh permukaan minyak. Tunggu agar tempe sedikit matang lalu di balik. Begitu seterusnya hingga matang dan angkat.
  2. Keripik tempe yang gurih dan renyah siap disajikan. 

Tips :

  1. Untuk penggunaan tepungnya jangan terlalu kebanyakan atau terlalu sedikit, karena kalau sedikit tempe akan cepat matang kalau kematangan nanti akan menjadi busuk atau agak asam kalau d goreng & kalau kebanyakan tepung saat di potong akan pecah atau hancur.

  1. Saat memasukkan tempe kedalam plastik, usahakan padat agar jamur tempenya menempel dengan sempurna. Bisa di padatkan menggunakan sumpit atau jempol dengan cara di tekan2.

  1. Usahakan saat memasukkan tempe ke dalam air jangan d rendam. Cukup d celupkan lalu d masukkan 1 persatu kedalam penggorengan.

Nah, itu dia cara membuat keripik tempe sekaligus tips and trik nya yang aku dapat langsung dari penjual nya. 

Sambil santuy disore hari berama keluarga, ditemani secangkir teh manis hangat, keripik ini pas buat nemenin kalian lho.

Gaess, bisa juga buat teman saat makan nasi atau kudapan lain kaya pengganti kerupuk.

Terakhir sebagai penutup, aku coba kasih pantun buat kalian ya gaes. 

Makan nasi pake kerupuk
Minum teh temannya keripik
Terimakasih sudah mau masuk
Semoga kalian ikut tertarik. 

Yeay … selamat mencoba 😍




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Mandi Parfume Bareng Vitalis Parfume Moisturizing Body Wash

Toyota All New Rush

True Money Gandeng EmasDigi Siapkan Investasi buat Ibu Rumah Tangga