Kemeriahan Syukuran Kumpulan Emak-emak Blogger di KEB 11 Tahun



Tahun 2023 ini merupakan tahun yang spesial bagi KEB, karna ditahun ini Kumpulan Emak Blogger menggelar acara syukuran atas hari lahirnya yang ke-11 tahun.

Acara digelar secara offline di sebuah resto Bali Notes Terrace, Jakarta Selatan tampak seperti ajang reunian para emak blogger.  Betapa senang nya kami bertemu setelah sekian lama melewati masa pandemi dan dipertemukan kembali diacara ini. Terimakasih KEB  .. 🫰

Oiya, sesuai dengan nama komunitas nya, di KEB member biasa memanggil “emak” ke member yang lain dan “makmin” untuk para admin group.

KEB 11 tahun, berkembang sesuai visi dan misinya  yaitu menjadi salah satu wadah terdepan dengan berbagi inspirasi khususnya kepada emak-emak maupun kaum perempuan umumnya melalui karya tulisan, yang juga menghantarkan emak-emak untuk produktif didunia maya sehingga melek digital.

Komunitas yang berdiri pada tanggal 18 Januari 2012 ini mengusung tema dengan tagline terbarunya yaitu " Berjejak dan Berbagi ".

Hemm, mungkin usia 11 tahun ini bisa dibilang bukan anak-anak lagi, namun sudah beranjak remaja atau ABG ( anak baru gede). Yang mana saat nya untuk berjejak atau meninggalkan jejak melaui karya tulisan dan berbagi kepada yang membutuhkan, baik berbagi lewat informasi maupun berbagi dengan rasa kepedulian.

Cerita dibalik Dapur Komunitas 

Pengurus KEB

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan yang pas untuk mengenal lebih jauh tentang komunitas KEB ( Kumpulan Emak Blogger ). Inilah silsilah awal mula komunitas ini di bentuk 👇

Berawal dari Facebook, KEB dibentuk pada tahun 2012 oleh Mira Sahid (Founder) dan dibantu 3 co-founder yaitu Indah Julianti Sibarani, Sary Melati dan Nike Rasyid, yang akhirnya menjadi komunitas blogger perempuan pertama dan terbesar di Indonesia dengan kegiatan pertamanya yaitu Hijab Class.

" KEB berdiri atas kita semua (mirosaky), karna adanya para pengurus, dibesarkan oleh member dan juga memberikan informasi kepda para Blogger keruang maya/digital sesuai dengan visi dan misi KEB yaitu ingin menjadi wadah yang bisa menampung inspirasi-inspirasi teman-teman dan bisa mendorong teman-teman untuk bisa produktif didunia maya dalam bidang penulisan " jelas mak Pon selaku founder KEB.

Kemudian ditahun 2017 KEB bergandengan juga turut serta dengan Cyberkreasi untuk mengembangkan visi dan misi itu kedalam literasi digital.

Menurut mak Pon (Mira sahid ), perlu membawa KEB kedalam pemahaman literasi digital karna emak blogger merupakan garda terdepan yang harus memahami apa saja sisi yang terkait dengan ruang digital.

Kumpulan Emak Blogger sangat mendukung terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital – Siberkreasi, dimana mereka mendukung & menyebarkan konten positif di media sosial agar #MakinCakapDigital.

Ada Mira Sahid, sebagai Founder, Indah Julianti Sibarani, Co-Founder MakPuh, Sary Melati, Co-Founder, Elly Nurul (Ketua Umum KEB), Suciarti “Cici” (Media Sosial Kreatif Konten KEB), Ranny Afandi (Ketua KEB Solo), Febrianty R (Kerumahtanggan KEB), Ana Ike (Bendahara KEB) dan Arinta Ardiningtyas (Sekretaris KEB).

Syukuran 11 Tahun KEB



Rundown :

  • Doa bersama
  • menyanyikan lagu Indonesia Raya,
  • Sambutan dari Elly Nurul (Ketua Umum KEB),
  • Sambutan dari Mira Sahid, Founder MakPon
  • Sambutan dari Indah Julianti Sibarani, Co-Founder MakPuh
  • Sambutan dari Donny BU – Ketua Umum Siberkerasi
  • Pemaparan materi dari Oktora Irahadi
  • Pemaparan materi dari kang Ali Muakhir
  • Pemotongan tumpeng
  • Foto bersama.
Syukuran KEB diadakan secara offline padahari Sabtu, 28 Januari 2023 disebuah resto yang berlokasi di Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.



Beberapa teman blogger yang menghadiri undangan 

Dihadiri sekitar 50 orang emak-emak blogger yang beruntung hadir dalam acara ini. Mengusung tema dress code kain/kebaya, para emak-emak tampil cantik. Beberapa diantara mereka jauh-jauh datang dari Bandung, Jogya bahkan dari Solo untuk turut serta memeriahkan HUT KEB yang ke-11 tahun.

Terpilih menjadi volunteer di acara 11 tahun KEB yaitu @RiaAndika, @Hiquds, @Kusumaningrumgusti dan @Tutyqueen. Hadir juga Mak Elisa Koraag – Founder dari Komunitas Perempuan Pelestari Budaya Nusantara dan anggotanya yang hadir mengisi fashion show cantik berkebaya. 

Para Narsum. Dok Pri 

Acara KEB 11 Tahun “Berjejak dan Berbagi” ini juga menghadirkan Abi Satria (Content Creator) sebagai host, Oktora Irahadi (CEO INFINA), Ali Muakhir (Author, Content Writer & Influencer) dan juga MakPon Mira Sahid dan Mak Elly Nurul (Ketua Umum KEB).

Acara diawali dengan makan siang dengan menu Chicking, lengkap dengan Nasi Mandi, Fried Chicken, Grilled Chicken, Fried Noodle dan Capcay serta minuman es teh manis dan infus water. 

Pembukaan 

Acara dibuka dengan doa bersama,  kemudian diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sambutan- sambutan 


Mira Sahid Founder KEB - dok pri 

Sambutan pertama  oleh Mak Pon (Mira Sahid) selaku founder yang menjelaskan tentang dapur KEB dan perkenalan para pengurus KEB yang sudah dijelaskan lebih dulu diatas. 

Indah Julianti S, Co-founder KEB - dok pri 

Ada Mak Indah July yang menginformasikan bahwa telah dilakukan peluncuran e-book yang ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger dengan judul " Warna-Warni Dunia Bloging ".

Dok pri

Ada juga penyerahan simblois #KEBPeduli  melalui kampanye #KEBCharity11Run dalam rangka KEB 11 Tahun, yang terkumpul sebesar Rp 2.500.000 yang akan diserahkan ke RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga, untuk membantu biaya pendidikan.  

Standing applause buat para pengurus yang berada dibalik layar 👏👏👏

Dengan program-programnya yang keren membuat KEB tumbuh dan berkembang secara seimbang. Tak hanya sekedar mencari sukses di dunia Maya tapi juga sukses mencari pahala bekal akhirat. 

Lanjut ada mas Doni B U selaku ketua umum Siberkreasi memaparkan tentang Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi yang mengajak masyarakat  dan komunitas aktif untuk menyebarkan konten positif di dunia maya.

Beliau menjelaskan bahwa gerakan ini hadir untuk meningkatkan literasi digital agar melawan peredaran konten negatif seperti berita bohong (hoax), ujaran kebencian (hate speech), cyberbullying, pornografi, penipuan, hate speech dan radikalisme. Harapannya gerakan ini bisa melawan konten negatif dengan konten positif dan memanfaatkan internet secara bijak dan bertanggungjawab.

Pesan beliau agar kita wanita, selalu menyebarkan berita yang benar, no hoax dan lawan hoax dan disinformasi.

Selain itu ada mini workshop, dimana kita  bakalan mendapatkan tambahan ilmu dari kak Oktora Irahadi (CEO INFINA) mengenai Cara Cari Cuan Masa Kini  dan Kang Ali Muakhir (Author, Content Writer & Influencer) mengenai Menulis Kisah Inspiratif dengan metode Emak. 

Mini Workshop - CARA CUAN MASA KINI 



Menurut Oktora Irahadi (CEO INFINA) masa sekarang, di era digital banyak peluang pekerjaan. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan hanya dari rumah, namun  memberikan pemasukan yang cukup luar biasa. Kita bisa mencari cuan bahkan saat kemarin pandemi, banyak orang beralih menggeluti usaha digital yang ternyata menjanjikan.

Menjadi freelance, bisnis e-commerce, drop shipper, digital marketing, trader saham dan investor, blogger, penerjemah,      programmer, pialang saham, event planner, konten kreator, SEO specialist, Gamer, konsultan, Social Media Specialist bisa menjadi usaha yang kita jalani.

Pembahasan mengenai drop shipper (menjual produk dari satu atau beberapa supplier, tanpa perlu stok dagangan dan mengirimkan pesanan kepada pembeli, cukup memasarkan produk supplier ke calon konsumen melalui website toko online, media sosial, atau marketplace.

Atau kita juga bisa mengikuti  affiliate di marketplace atau Tiktok, karena bisa mendatangkan cuan dengan cara yang mudah.

Oktora Irahadi menjelaskan mengenai influencer mikro, nano yang memiliki fungsi masing-masing dalam hal memengaruhi mengambil keputusan untuk mencoba/membeli suatu hal.

Influencer adalah seseorang dengan kemampuan untuk memengaruhi orang lain. Biasanya ditujukan pada seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, dan mampu memengaruhi target audiens untuk membeli atau memakai suatu produk.

Kesuksesan digital campaign tidak selalu ditentukan jumlah followers. 4 tingkatan influencer yang harus kita tahu :


Nano influencer (pengikut 1000 – 10.000)

Berdasarkan State of Influencer Marketing 2019 yang dirilis oleh Hype Auditor menyebutkan bahwa nano influencer memiliki engagement rate (keterlibatan) kurang lebih 5.60%, lebih baik dari engagement rate tingkatan influencer lainnya (macro influencer dan micro influencer)

Pengikut nano influencer jauh lebih aktif karena mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih personal hingga lebih nyaman saling berinteraksi, bahkan saling mempengaruhi. (https://redcomm.co.id/)

Micro influencer (pengikut 10.000 -100.000)

Mid-tier influencer ((pengikut  100.000 -500.000) .

Macro influencer/selebgram  (500.000 -1.000.000 followers)

Mega influencer/selebritas (lebih dari 1 juta orang)

Setiap orang tidak perlu mempunyai banyak followers agar bisa menjadi seorang influencer,  karena semuanya itu tergantung pada istilah engagement.

Survei Edelman Trust Barometer menyatakan bawa seseorang kemungkinan besar akan mempercayai sesuatu ketika sudah terpapar 3-5 kali, sehingga penting untuk aktif di pencarian sosial media dan berita.

Kita harus terus mencari sesuatu yang baru, menampilkan yang segar setiap hari, dan nantinya seseorang akan mengikuti influencer secara rutin untuk tahu apa konten yang baru.

Kita juga harus bersikap reaktif, karena orang lain sebenarnya suka mendapatkan pengakuan keren dari orang  lain. Kita  juga  harus terapkan COST:


CONSISTENCY : Konsisten membuat konten terus menerus

OBJECTIVE :  Objektif, target pemirsa, apa yang ingin disampaikan, dimana, bagaimana

SOCIALIZE : Sosial media yang tempatnya bersosialisasi engagement ( komen, like, share)

TIME : Butuh waktu dan sabar

Jangan lupa tentukan konten yang cocok untuk personal branding kita :


Impian

Kesukaan

Tujuan

Kemampuan

3R : Reach, Resonant, Relevant

Authenticity

Reputation

MENULIS KISAH INSPIRATIF DENGAN METODE EMAK present by Ali Muakhir (Author, Content Writer & Influencer) 



Kisah inspiratif adalah kisah yang ditulis untuk memberikan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Ciri-ciri kisah inspiratif :

Diciptakan untuk menggugah perasaan pembaca

Memberi kesan mendalam bagi pembaca

Berisi motivasi positif bagi pembaca

Memiliki pesan moral yang jelas, sehingga pembaca dapat belajar dari kisah inspirasi yang diciptakan

Struktur Kisah Inspiratif :

Orientasi : bagian pembuka yang mengenalkan tokoh dan peristiwa yang akan dihadapi tokoh

Perumitan peristiwa : peristiwa yang dialami tokoh yang membawa pembaca pada bagian puncak kisah atau konflik

Komplikasi : inti kisah, dikisahkan bagaimana tokoh melewati rintangan yang dihadapi

Resolusi 4k  : peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan

Koda : penutup, yang menjadi simpulan dan pesan moral dalam cerita

METODE  EMAK 



Endapkan rasa : saat mencari ide, setelah mendapat ide

Mulailah dengan membuat struktur : struktur kisah inspiratif sudah fiks sebelum ditulis

Apa pesan yang akan disampaikan?, cari 1 pesan paling dalam dari kisah inspiratif untuk dijadikan sebagai penutup tulisan

Kapan tulisan tuntas? , buat jadwal menulis dan pastikan tulisan selesai.

Nah, gimana- gimana .. ?? Udah upgrade skill lom  mak .. ?? Jangan lupa diaplikasikan

Acara Inti Pemotongan Tumpeng 



Ada satu hal yang menarik, selain potongan tumpeng diberikan kepada para pengurus KEB, potongan tumpeng juga diberikan kepada orang yang spesial, yaitu Mak Yati. 

Diusianya yang mulai senja, Mak Yati masih semangat untuk aktif dan eksis. Serasa berkaca pada diri sendiri, diusia muda ini apa saja yang sudah saya lakukan ?? 

Acara Hiburan 




Gak sampai disitu, acara terus berlangsung meriah dengan ada nya fashion show dari PPBN (Perempuan Pelestari Budaya Nusantara), pemotongan tumpeng oleh Mak Pon, games seru dan 20  doorprize di bawah bangku, pemenang best dress @fitrian dan hadiah dadakan dari MakPon Mira Sahid

Harapan MakPon/Mira Sahid adalah 11 tahun ini KEB ingin terus mendorong emak blogger tetap produktif optimal, dapat cuan, bangkit dan berdaya di ruang digital.

KEB selalu memberikan kesempatan para emak-emak untuk belajar dan mengembangkan diri dan blog yang dimiliki sehingga bisa bekerja sama dengan pihak lain (brand), online maupun offline. Than'x KEB .. 🤗👍

Syukuran KEB 11 Tahun didukung oleh SIberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes.

Sampai ketemu d lain waktu dan dilain kesempatan ya Mak, semoga masih bisa mengikuti tasyakuran KEB ditahun depan. Wassalam .. 💜


Komentar

  1. Masaya Allah Selamat Milad eh...Happy Anniversary ke 11 KEB semoga terus memberikan inspirasi bagi blogger lain, khususnya emak-emak dalam meniti karier sebagai blogger profesional. Acaranya meriah dan inspiratif ya

    BalasHapus
  2. Selamat 11 tahun KEB!! Semoga semakin sukses, solid dan makin bermanfaat untuk banyak orang. Waah..acaranya keren sekali ya! Terimakasih sdh berbagi kemeriahan acara ultah ke-11 KEB ini..

    BalasHapus
  3. Selamat ultah KEB terus menginspirasi para emak ya terutama untuk terjun kedunia blogging. Nice info kak

    BalasHapus
  4. Keren banget komunitas tercinta ini. KEB udah 11 tahun, semoga makin berkembang dan banyak member baru yang gabung juga

    BalasHapus
  5. Ketika para emak berkumpul, pastilah kalo gak arisan, ya ngerumpi! tapi kalau yang berkumpul itu puluhan emak-emak blogger yang tergabung dalam KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) pasti beda lah... Gak hanya sekedar kumpul, tapi juga menuntut ilmu... Manfaat banget kan? Salu buat para emak-emak blogger nan smart dan pantang menyerah...

    BalasHapus
  6. wah rameee....
    Pertama kali saya kenal KEB tahun 2012, pada saat Kompasianival, ternyata pada saat itu KEB baru dilahirkan
    Selamat KEB, sebentar lagi lulus dan masuk SMP ^^

    BalasHapus
  7. Asyik banget nih bisa ikutan tasyakuran 11 tahun KEB, semoga saya juga bisa ikutan acara beginian ya.
    Bisa ketemu banyak blogger, dan yang pasti bisa ikutan memeriahkan acara komunitas kesayangan para Emak Blogger :)

    BalasHapus
  8. Acaranya seru banget sayang aku berhalangan hadir, but Selamat Ulang Tahun KEB, semoga makin sukses kedepannya

    BalasHapus
  9. Happy Anniversary KEB yang ke 11 tahun.
    Turut senang walau belum bisa hadir karena kak Latief menuliskannya dengan runut dan lengkap. Sehingga serasa ikut hadir dengan kemeriahan ilmu yang dibagikan di sepanjang acara.

    Semoga KEB selalu bisa menghangatkan para membernya dan menjadi tempat paling nyaman untuk emak dalam " Berjejak dan Berbagi ".

    BalasHapus
  10. Seruuu banget acara tasyakuran 11 tahun KEB, aku ga bisa ikutan karena barengan acara keluarga huhuhu. Selamat milad buat KEB semoga KEB makin sukses membersamai para emak blogger Indonesia

    BalasHapus
  11. Masyaallaah, 11 tahun itu seusia anak saya. Ngga terasa KEB sudah remaja.
    Ikut bangga bisa bergabung disini, meski ngga bisa turut serta memeriahkan utah sebab tinggal di daerah.
    Smoga KEB smakin bersinar dan menginspirasi...

    BalasHapus
  12. Sudah lihat foto-foto dan banyak video tentang perayaan ultah ke-11 KEB di media sosial teman-teman. MashaAllah, terlihat seru dan gembira. Bertemu dengan rekan-rekan sefrekuensi, sevisi dan semisi. Semoga KEB terus bertahan, berkembang dan memberi manfaat semaksimal mungkin kepada seluruh anggotanya.

    BalasHapus
  13. selamat ulang tahun ke-11, KEB, komunitas blogger kesayangan kita semua. semoga di usianya yang ke-11 ini KEB makin bersinar dan makin jadi tempat yang nyaman bagi banyak blogger perempuan di mana pun berada

    BalasHapus
  14. Aku pernah datang ke acara KEB waktu ke kotaku. Malang. Selalu ada ilmunya. Keren acaranya dan selalu sukses.

    BalasHapus
  15. Sukses selalu buat KEB.
    Semoga terus memberikan support kepada para bloger baik yang udah jadi emak maupun yang belum dengan bersinergi positif untuk berkarya

    BalasHapus
  16. KEB keren bisa terus bertumbuh selama 11 tahun ini. Moga makin berkembang dan bikin kolaborasi dengan banyak pihak makin asyik

    BalasHapus
  17. Wah senangnya bisa ikutan acara ulang tahun KEB yang ke 11 secara langsung seperti ini ya mbak
    Semoga KEB makin sukses dan memberikan banyak manfaat bagi membernya

    BalasHapus
  18. Seruuu ya mba bisa ketemu temen sesama bloggerapalg sekaligus dapat ilmu juga... Sayang Kemarin ada acara keluarga

    Sukses terus untuk KEB

    BalasHapus
  19. Seru ya acaranya, apalagi ada talkshow nya juga jadinya dapat ilmu, silaturahmi dan bahagia yang seger bareng kawan

    BalasHapus
  20. Wah sudah 11 tahun ya KEB, happy anniversary KEB
    dilihat dari Rundown nya banyak pasti seru apalagi ada 20 doorprize ya mak :)

    BalasHapus
  21. Seru banget tasyakuran KEB tahun ini, sekaligus bisa jadi ajang kopdar sama teman2 blogger lainnya. Selain itu juga bisa dpt insight positif dari talkshow yg diadakan
    Semoga semakin suksesutk KEB dan komunitas literasi lainnya

    BalasHapus
  22. H B D K E B.... 💙
    Bangga banget akutuh bisa gabung dalam komunitas ini. Awal mula kenal KEB itu di sosmed kalau gak salah. Tahun berapa ya? Lupa. Pokonya sudah lama sekali

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Mandi Parfume Bareng Vitalis Parfume Moisturizing Body Wash

Toyota All New Rush