Yukk Ramaikan IIBF 20199




Assalamu'alaikum ...

Halohaaa ... Udah gak sabar nih mo cerita tentang kunjungan aku ke Pameran Buku International Indonesia/IIBF 2019 di JCC Senayan.

Udah dari beberapa hari yang lalu pengen cerita, tapi maaf baru sempat nih. Hihihi ...
Tepat nya Sabtu 7 September 2019, kebetulan aku di tugaskan untuk meliput acara/kegiatan yang ada di sana.


Dok. Pri 

Pagi itu aku datang bersama suami dan anak-anak ku. Kami memang biasa datang menghadiri pameran ini. Ini kali ke tiga kami ikut meramaikan pameran buku ini.
" Sekali dayung dua tiga pulau  terlampaui " 
Yess ... sembari bekerja, aku bisa jalan bareng mereka. Walaupun kadang kami berpisah tempat. Eeehh .. Kok jadi kays curhat yaa .. Hehehe

Singkat cerita kami sampai nih di sini. Pagi, tepat nya jam 09. 10 WIB, kami tiba didepan pintu masuk JCC HAL A.
Dari jauh sudah kelihatan kerumunan orang ramai. Oh ya, acara ini 100 % gratis ya. Free Entry .. !! Dan kami pun masuk dengan leluasa nya ke dalam gedung.

Di dalam gedung terlihat banyak sekali kumpulan anak sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.
           "Mau tahu ada apa .. ??"
Yess, mereka semua ini sedang mengantri untuk mengikuti rangkaian Wisata Literasi yang diadakan oleh team panitia dari IIBF.
Mereka akan diajak oleh panitia berkeliling stand/booth-booth pameran yang ada di sana. Tujuan nya adalah selain menanamkan rasa cinta kepada buku, mereka juga akan diperkenalkan dengan penerbit-penerbit yang menghasilkan karya buku tersebut.  Bagus ya program IIBF 2019 ini ..

SMAN 1 Cibarusa, Kabupaten Bekasi 

SMK Taruna Bakti, Depok 


Selanjut nya aku melihat di panggung lobby ada talk show mengenai,

" Guru Hebat, Guru Penulis " 

Aku mampir sebentar untuk mencari tahu.
Dan tepat mulai dari sanalah aku dan keluarga ku berpisah. Bye .. Silahkan masuk ke dalam duluan, nanti aku menyusul ya, hehehe ...


Dok. Pri 

Di atas panggung aku melihat sosok kepala sekolah yang bernama pak Ufar Ismail. Ternyata dia sedang berbagi cerita tentang pengalamannya hingga menjadi penulis dan bisa jalan-jalan dua kali lhoo ke luar negri, di undang oleh Kemendikbud untuk berbagi pengalaman nya di sekolah luar negeri.

Masuk menuju area dalam gedung, di mana ada banyak stand-stand pameran buku. Lalu aku berkeliling sambil mencari keluarga kecil ku di dalam sana.
Tiba-tiba aku melihat oramg berkerumun di salah satu  stand pameran. Karna penasaran akupun mencoba menuju ke sana, dan ternyata sedang ada bagi-bagi Alqur'an cetakan dari kerajaan Saudia Arabia, eitss .. Ternyata ada keluarga ku juga di sana dan aku pun seketika langsung ikut merapatkan barisan buat mendapatkan nya. Hehehe ... 

Dok. Pri 

Selanjut nya aku pergi ke main stage untuk mengikuti acara talk show yang bertemakan,

" Aku Ingin Menjadi Penulis Skenario " 



Dok. Pri 

Hadir di atas panggung 3 (tiga) orang nara sumber, yaitu :

1. Salman Aristo
2. Zoe Abbas Jackson
3. Miftah Dwi Karunia

Salman Aristo, atau biasa di panggil mas Aris adalah  Ceo dari kreator nusantara yang memproduksi film bumi manusia.

Menurut Aris pemerintah perlu turun tangan sehingga menjalin kerjasama dgn bekraf. Ada 166 pendaftar diseleksi menjadi 30 lalu menjadi 20 pendaftar.

" Target tahun ini bukan lagi mencari yang masih berniat menjadi penulis skenario tapi yang sudah bisa menulis skenario"
Jelas Salman yang merupakan founder dari
Skenario cerita anak untuk nusantara (scara).

Skenario adalah roh nya sebuah film . Film sebagai medium untuk menyampaikan cerita. Maka cerita akan mmenjadi sangat penting bukan sekedar informasi. Baik fiksi maupun non fiksi "

Ada 8 elemen yang sangat penting dalam sebuah film, yaitu :

  1. 📢 Penyutradaraan
  2. 📢 Produser
  3. 📢 Akting
  4. 📢 Musik
  5. 📢 Artistik
  6. 📢 Sinatografi
  7. 📢 Suara
  8. 📢 Skenario/penulisan 

Dok. Pri 


Selain itu Aris juga meluncurkan buku module Kelas Skenario, buku ini saangat mudah di ikuti karna :

 1. Buku ini di buat berdasarkan modul kelas skenario bersama wahana creator di65% tipa weekend.

2. Di buat sebasic/seaplikatif agar anak sekolah bisa memahami.

- Menulis pakai logika berfikir. Ketika menulis kita merunutkan apa yang kita sampaikan. Kalau tulisan nya itu tidak runut maka cerita nya pun terkesan berantakan.

- Harus bisa bedain opini dan fakta.

- Formula yang tidak terbantahkan

- Buku ini memakai satu formula tertentu yg sudah menghasilkan skenario .

- Salah satu rekomendasi skenario yang runut penghantar buku mohammad Hatta. Buku nya gampang di baca sangat sederhana.
- Benda bisa terbang ketika ada daya dorong ke atas. Itu formula yang tak terbantahkan.

- Biar runut, Formula nya adalah premies, karakterisasi, alur.

Arswendo salah satu panutan yang  bikin Salman jadi penulis. Adalah kata2 dari Arswendo yang memacu semangat nya, seperti :

" keluar buka mata batin "
 Lo akan ngeliat seauatu yg biasa jadi berbeda.

Contoh anak laki-laki orang jawa kalau di marahi gak boleh liat mata bapak nya.
Tapi beda dengan orang batak kalau lagi di marahin, gak ngeliat mata bapak nya malah d bilang kurang ajar.

Hihihi ... Bener juga yakk. Upss .. 😅

Semakin siang pengunjung semakin antusias berdatangan ke pameran ini. Terlebih ikut serta mendengarkan acara talkshow ini.

Nara sumber selanjut nya ada seorang aktris cewek cantik yaitu,
Zoe abbas jackson biasa d kenal dgn karakter si Adel di sinetron anak langit. Membintangi film layar lebar seperti Dear Nathan, Bisikan Iblis dan yang terbaru Malam Jumat The Movie.

Salah satu dasar menjadi pemeran yang baik dan cakap terlihat dari yang nama nya
Proses Reading yaitu proses membaca skenario, yang harus benar-benar di pahami agar bs menghayati suatu peran. Papar Zoe yang terkendala dengan bahasa. karna mama dari Sumatera Barat dan Papa nya dari Inggris.

Masih Narsum talkshow ini.
Miftah Dwi Karunia seorang pelajar berprestasi  dari jurusan broadcasting. Sekolah SMK prestasi prima mempunyai akun youtube BCO Team, ketua dari orens studio (ekskul d sekolah) menghasilkan film berjudul Berbeda.

Nah, itu tadi obrolan seru di panggung utama tentang Kelas Skenario. Ada yang beminat ... ?? Cuzz daftar .. Kalo aku sih sudah beli buku nya donnkk ... Tinggal dipelajari dirumah. Hihihi .

Selanjut nya aku mulai berkeliling lagi menjelajahi stand demi stand pameran. Sampai lah di stand Perpusnas. Ternyata stand Perpusnas mempunyai tema kuliner, karna sepanjang dinding yang terlihat adalah gambar makanan/masakan dari berbagai macam daerah.

Dok. Pri 

Sesuai informasi dari teman ku yang sebelum nya sudah datang  kesini duluan, aku pun mengisi buka tamu/registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah tumbler dari Perpusnas lalu selanjutnya ikut mengantri untuk membuat kartu anggota Perpusnas.

Yess .. !! Senang nya bisa dapat Tumbler sekaligus kartu anggota Perpusnas secara gratisss ..

Gaess, aku nemu  tempat yang instagramable yang keren nih buat foto-foto. Salah satu nya ada di stand GETI.
Ada kompetisi nya lo " Trick Art Challenge "
Foto heboh berkesempatan mendapatkan sedotan stainless steel dan pulsa gopay 50ribu rupiah.

Dok. Pri 


Dok. Pri

Pengumuman nya jam 8 (delapan) malam tapi gaess, seperti nya aku sudah pulang nih, tapi gak pa-pa kita ikut meramaikan saja. Hihihi ..

Ada juga spot foto lain di Harper Collins Publisher, peserta IIBF dari negara Australia.

Dok. Pri 


Dok. Pri 

Gaess, waktu nya ISHOMA nih. Sudah banyak yang manggilin (suara adzan, cacing di perut sama kang soto ) hehehe ..

Lanjut aku menuju ke kantin untuk makan siang bersam keluarga ku yang terlebih dahulu menunggu di sana.

Alhamdulillah, perut sudah terisi dengan soto betawie dari kantin kuliner yang letak nya tepat d sebelah gedung pameran IIBF, JCC Senayan.

Selepas ishoma, dan berpisah dengan keluarga ku yang sdh pulang telebih dahulu menuju rumah, aku pun bergegas masuk kembali ke dalam gedung pameran, karna sebentar lagi ada orang penting yang akan hadir di sesi talk show selanjut nya.

Dok. Pri 

Yup, ada bapak Anies Baswedan dan sejumlah tokoh penting nya yang akan menghadiri acara peluncuran buku Mohammad Natsir, diantara nya adalah :

- Lukman Hakiem (penulis)
- Anies Baswedan (Gubernur Dki Jakarta)
- KH. Salahyddin Wahid (Tokoh Nahdatul Ulama)
- Taufiq Ismail (Penyair dan Sastrawan) 



Dok. Pri 


" Menulis tentang Mohammad Natsir adalah menulis tentang seorang muslim yang sejak sebelum lahir  negara Republik Indonesia  telah menuangkan pikirannya tentang masa depan negara "
Jelas Lukman Hakiem.

Dok. Pri
keluarga M. Natsir 

Acara ini pun dihadiri oleh keluarga dari alm bapak Mohammad Natsir dimana mereka mendapatkan masing-masing buku karya Lukman Hakiem tersebut.

Selesai meluruskan kaki sejenak  sambil mendengarkan acara tadi, aku bergegas berkeliling mengunjungi stand-stand buku. Gak sabar rasa nya ingin melihat dan mencari buku atau novel karya penerbit kesayangan.

Suasana siang menjelang sore itu terihat semakin ramai, pengunjung di sore hari rata-rata datang bersama keluarga mereka. Mungkin siang hari terlalu panas untuk
bepergian, sehingga mereka memilih bepergian di sore hari.



Yeayy .. Aku sudah dapat beberapa buku untuk anak ku Atha belajar baca dan menulis . Lalu aku menuju ke zona kalap, untuk mencari novel-novel yang kira-kira menarik perhatian ku.

Dok. Pri 

Nah, di zona kalap ini ada diskon gede-gedean 40 - 90% buat para pecinta buku. Ada macam-macam jenis buku di sini. Dari novel drama, action, komedi, romantis, horor, komik, majalah, buku pelajaran, dll.
Ada juga beberapa mainan edukatif dan pernak-pernik lucu.

Dok. Pri 

Akhir nya aku menemukan beberapa novel (cuma 2 buah sih. Hehehe ..) yang menarik perhatian mata ku. Langsung ku ambil dan bergegas antri di kasir.
Untung disini tersedia beberapa kasir hingga mempercepat proses transaksi. Untuk yang tidak membawa uang cash, ada kasir khusus yang menerima debit atau kartu kredit kok, jadi kalin gak perlu khawatir yaa ..

Jam sudah menunjukkan pukul 5 (sore), aku sudah menunggu-nunggu untuk melihat penulis novel kesayangan ku tampil di panggung utama.
Siapakah dia ... ?? Eng .. Ing .. Eng ..

Dok. Pri 

Iyess, sore itu adalah jadwal acara launching buku " Otw Nikah " karya Asma Nadia.

Dok. Pri 

Jadi buku ini menceritakan bagaimana mempersiapkan pernikahan, hal apa saja yang harus di persiapkan dan masalah apa saja yang suka datang ketika sedang mempersiapkan sebuah pernikahan. Kurang lebih nya sih seperti itu ya gaess, tapi pasti nya buku ini juga mencarikan solusi atas permasalahan yang ada saat sedang mempersiapkan pernikahan.

Seperti nya menarik, aku beli satu buat hadiah teman ku yang sedang mempersiapkan pernikahan IIBF ini.

Sekian  dulu catatan dari Kesih Latief  yaa ..
Yang penasaran atau mau tanya-tanya seputar IIBF silahkan di kolom komentar yang tersedia yaa ..

Than'k U
💞
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kota Tua Melalui Kegiatan Happiness Race bersama Vivalova

Toyota All New Rush

Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat