Smiling Star Siap Luncurkan Program Pelatihan Otak Di Indonesia



"Otak adalah mesin penggerak segala fungsi fungsi dan aktifitas tubuh manusia. Jika anda ingin bergerak atau melakukan sesuatu, otak lah yang memerintah dan mengaturnya. Kecerdasan, kretivitas, emosi dan ingatan juga menjadi sekian dari banyak hal yang diatur oleh otak".



Haii semuaaa ...
Pasti pada bertanya tanya, kenapa ada gambar otak di atas. Yapp, karna kali ini aku akan membahas tentang sesuatu yang ada hubungan nya dengan Otak.

Kali ini aku berkesempatan menghadiri acara peluncuran program pelatihan otak Smiling Star.

Bertempat di Smilling Star Preschool, yang beralamat di Permata Mediteranian Housing Jl Pos Pengumben No 40.

Kesan pertama pas melihat hampir seluruh ruangan d sekolah ini adalah "Suasana sekolah yang menyenangkan". Ada berbagai macam gambar hasil karya anak-anak yang lucu dan bagus-bagus .serta foto kegiatan mereka d sekolah, semua d buat sebagus dan senyaman mungkin. Sesuai dengan slogan nya yaitu "Learning Is Fun".

Suasana di kelas belajar 

Yang tak kalah menarik selain dekor dan suasana ruangan adakah sekolah ini sudah menggunakan metode belajar dari Smiling Star tentang pelatihan otak.

Hemm, pasti penasaran kan apasih  Smiling Star itu dan apa juga Program  Pelatihan Otak itu ..
Penasaran mo tauuu .. Yukk simak terus artikel saya yaa ... Dan silahkan tinggalkan Pesan kamu d kolom komentar yaa .. Chekidottt ..

Jadi, Smiling Star itu adalah penyedia pendidikan yang percaya bahwa pondasi bagi anak-anak untuk selalu berkembang secara kognitif, emosional dan sosial adalah yang paling penting. Dengan demikian mereka telah mengembangkan banyak kurikulum dan program pelatihan otak untuk membantu anak-anak mencapai hasil uang lebih baik saat mereka tumbuh.

Bermitra dengan Neruro, perusahaan kesehatan digital terkemuka,memungkinkan anak-anak pra sekolah untuk memulai pelatihan sejak usia muda menggunakan permainan kognitif yang di rancang khusus dan sensor gelombang otak yang membantu dalam mengukur tingkat fokus dalam keterlibatan anak.

"Kemitraan dengan Neeuro memberi anak-anak kami sebuah awal dalam perjalan pendidikan mereka dan mempersiapkan mereka untuk abad -21 dan masa depan." Kata Mr.Jimmy New, PBM, Managing Director Smiling Star.

Mr. Jimmy New 

Mr. Jimmy New, PBM pendiri Smiling Star pada tahun 2001. Dia adalah pemimpin akar rumput yang aktif dan telah melayani masyarakat sejak tahun 1992

Peningkatan ketrampilan kognitif sangat penting untuk belajar, membaca, fokus dan pemecahan masalah. Otak yang baik membantu dalam memiliki rentang perhatian yang lebih baik, memori yang bekerja dan kemampuan belajar, serta  untuk tampil lebih baik dalam tugas wawasan kreatif karna mereka berfikir lebih baik dan lebih jelas.

Pada dasar nya otak manusia itu terbagi menjadi beberapa bagian, dan yang  dikenal adalah otak kanan dan kiri.

Otak kiri  mempunyai karakteristtik lebih teratur, runut ,sistematis,analitis,logis dan karakter-karakter terstruktur lainnya. Kita membutuhkan kerja otak kiri untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan data, angka, urutan,dan logika. Sedangkan karakteristik otak kanan berhubungan dengan rima,irama,musik,gambar dan imajinasi.

Aktifitas kreatif muncul atas aktifitas kerja otak kanan. Dalam belajar otak kanan anak perlu merekam dahulu sebelum melakukan eksekusi persoalan. Proses perekaman itu memerlukan waktu sekitar 10 detik dan  jika sudah terbiasa waktu nya hanya 1 atau 2 detik saja . Anak dengan dominan otak kiri langsung mengeksekusi baru kemudian merekam.

Dalam cara kerja pelatihan otak pun nanti seperti ini, anak-anak akan memainkan games dimana otak mereka dilatih untuk fokus dalam mengerjakan nya, diperlukan kerjasama otak kanan dan kiri dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Nah, program pelatihan otak  Smiling Star ini, melatih langsung ke pusat otak. Dengan Sense Bands (alat bantu untuk menangkap getaran otak) dapat terlihat bagian-bagian mana yang terlihat perlu di latih dan di gali supaya kemampuan otak bisa seimbang semua.

"Jadi gak mau kan anak kita hanya pinter di satu sisi saja, padahal di sisi lain dia bisa berkembang jika dilatih"


"Program pelatihan otak ini diperuntukkan mulai usia 4 tahun  sampai dengan 98 tahun. Namun lebih efektif buat anak-anak mulai  usia 4tahun karna daya ingat mereka dan otak mereka masih bagus dan fresh, sedangkan di usia mulai dari 20-25 tahun keatas daya ingat seseorang sudah mulai menurun, terutama pada kemampuan penilaian". Jelas Mis Veni Yenti selaku Manager Smiling Star.

Pantas ya, usia 25tahun itu di gadang menjadi usia terbaik untuk mengambil keputusan. 

Seperti saat ini, saya sedang mencoba melakukan program pelatihan otak kepada anak saya, Athalla (5th).

Athalla saat mencoba pelatihan otak

Tahap pertama dengan memakai Sense Bands,lalu pilih games dan pilih level. Ada beberapa pilihan  penilaian untuk mulai memainkan games yaitu:

1. Attention (fokus)
2. Spatial ( pengukur ruangan)
3. Decision ( mengambil keputusan )
4. Memory (daya ingat)
5. Flexibility (multy tasking )

Sense bands 

Nah, ke lima jenis penilaian ini, sangat penting buat mengetahui sebesar  apa kemampuan otak kita. Sama seperti latihan fisik menjaga tubuh kita dalam kondisi yang lebih baik, pelatihan otak pun memungkinkan kita melenturkan dan memperkuat otot-otot mental kita.

Otak bagus Memungkinkan Untuk Nilai Bagus

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dengan keterampilan kognitiff yang lebih baik berhasil di sekolah.

Dulu sewaktu sekolah SD zaman saya, udah ada juga yang nama nya test IQ, tapi kita hanya tau nilai dari kemampuan otak kita itu score nya berapa sih, tanpa ada solusi untuk memperbaiki nilai yang kurang tersebut. Semakin besar nilai nya semakin bagus pula kerja otak kita. Dan kebetulan aku dulu dapat nilai Grade Superior (diatas rata-rata), (alhamdulillah gak nyombong juga yaa .. Hehehe)

kalau diprogram Pelatihan otak ini, selain kita tahu nilai dari kemampuan kerja otak kita,baik itu dari segi attention, partial, decision, memory dan flexiblity. Kita juga dapat pembelajaran  di bagian mana yang kerja otak kita lemah/kurang mampu. Sehingga bisa dilatih dan dikembangkan.

Dan enak nya lagi, segala jenis test di program ini berupa games untuk menstimulasi otak kita. Bukan kaya zaman saya dulu SD ya, mengerjakan soal test berlembar-lembar. Faktor kemajuan teknologi juga kali ya .. Hihihi ...

Nahh, besar sekali kan manfaat yang di dapat dengan adanya program pelatihan otak ini. Eitss, informasi terbaru, sudah banyak sekolah yang menggunakan sistem belajar seperti ini lhoo, dan bagus nya lagi Program Pelatihan Otak ini bisa untuk ABK (anak berkebutuhan khusus). 

4 Alasan mengapa otak perlu di latih

1. Karena keterampilan kognitif berhubungan dengan IQ anak, keterampilan yang lemah dapat berdampak pada efisiensi belajar anak atau kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari.

2. Keterampilan kognitif mungkin juga memiliki pengaruh kuat pada kesuksesan karier masa depan anak.

3. Bentuk pelatihan otak yang tepat dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak.

4. Dengan melatih sedini mungkin, otak mampu menyerap dan mempertahankan keterampilan yang dipelajari dengan lebih baik.

"Otak itu seperti pisau kalo gak diasah bisa tumpul "

Nahh, itu tadi  pembahasan tentang Pelatihan Otak, selanjutnya nya acara potong tumpeng dan makan bersama oleh MR. Jimmy New dan Ms Veni Yenti.



Mr. Jimmy New dan M6s Veni yenti saat potong tumpeng

semoga peluncuran Program pelatihan otak ini sukses di terapkan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Pelatihan Otak Smiling Star atau peluang Waralaba, hubungi kami di

Smiling Star International Pte Ltd
Alamat Singapura: 3A Gambas Crescent Nordcom One Singapura 757089
Telepon: +6562571101
Email: sales@smilingstar.com

Alamat Indonesia: APL Tower Lantai 7 Unit T7 Central Park
Jl. Letjen. S. Parman, Kav 28 Tanjung Duren Selatan
Grogol Petamburan Jakarta Barat 11470
Telepon: +62 0818 0759 1803
Email: sales.jkt@smilingstar.com.sg

Ataubisa mengunjungi website nya Smiling Star di http://www.smilingstar.com.sg/course/brain-training

                                             
















Komentar

  1. Good Info Bunda,,, lengkap sekali penjelasannya. Terlebih alat ini bisa membantu anak yang berkebutuhan khusus.

    BalasHapus
  2. Iya bun.. Aku juga sudah coba memakai sence band.. Ternyata bisa juga ya otak kita di deteksi..

    BalasHapus
  3. Makasih infonya mbak, bermanfaat nih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kota Tua Melalui Kegiatan Happiness Race bersama Vivalova

Toyota All New Rush

Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat