Cinta Laura Kiehl Dan Yuki Kato Ajak Perempuan Indonesia Cegah Kanker Serviks Dengan Vaksinasi HPV




Tgl 8 Maret 2019 yang lalu diperingati sebagai hari perempuan Internasional.
KICKS berkolaborasi dengan Diera Bachir dan di dukung penuh oleh Plaza Indonesia menggelar pameran foto #IAmTrulyWoman yang dapat di kunjungi dari tanggal 8-15 Maret 2019 di Atrium Level 4, Plaza Indonesia Extension.

Pameran foto 

Selama pameran berlangsung, KICKS juga membuka booth edukasi yang terletak di lantai yang sama dimana para pengunjung bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kanker serviks serta layanan vaksinasi HPV di tempat.

Sempat terlintas di benak saya tentang pertanyaan seorang teman yang kala itu ikut hadir  pula melihat pameran tersebut.

"Sebenarnya seberapa penting sih aksi kampanye ini. Toh, orang juga dah pada tau tentang penyakit kanker serviks ini, kl udah kena sakit ya udah, salah nya sendiri gak jaga kesehatan."

Ini nih yang perlu di luruskan. Enak ya, ngomong nya, sekilas tampak nya sepele. Kalau dia mungkin tahu, tp kan gak semua orang tau, terutama masyarakat awam. Atau mungkin kalian yang baca artikel ini pun belom tau, hayoo ngakuu ... Hihihi

Nahh .. Maka dari itu,yukkk sama-sama  kita cari tau apa itu Kanker Serviks ...

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di daerah serviks (leher rahim) yaitu,  bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim dan vagina.

Karena fungsi, lokasi dan sifat sel nya, serviks rentan terhadap infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Virus HPV dapat bertahan selama bertahun-tahun dalam tubuh wanita, berkembang dan akhirnya menyebabkan sel-sel pada dinding serviks berubah menjadi sel kanker.

Terdapat lebih dari 100 jenis virus HPV dan 13 diantara nya dapat menyebabkan kanker serviks.

Menurut data GLOBOCAN 2018, sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap hari nya karena kanker serviks. Ini menunjukkan bahwa kurang nya upaya pencegahan dan kesadaran. masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini.

dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI dan juga pendukung KICKS, mengatakan, "Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks  adalah satu-satu nya kanker yang dapat di cegah, yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV."

Siapapun beresiko terinfeksi HPV, karna HPV adalah virus yang mudah menular, cukup sekali kontak untuk terinfeksi HPV.

Penularan HPV dapat terjadi melalui rute seksual dan non seksual (jari/kontak kulit ke kulit, alat medis, ataupun dari ibu ke bayi baru lahir)

Ternyata cukup menakutkan juga ya, dan ini menjadi momok bagi kaum hawa. Karna kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia. Namun, tes Pap Smear yang rutin dapat membantu mengetahui ada nya kanker serviks sejak dini.

Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), membuktikan langkah nyata nya dalam mengadvokasi masyarakat akan pencegahan kanker serviks  dengan memberikan vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer kepada dua selebriti perempuan Indonesia, yaitu Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato.



"Saya mengajak perempuan lainnya dapat tergerak untuk segera melakukan upaya yang sama sehingga mimpi dan harapan kalian tidak terhenti hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat di cegah ini." Jelas Cinta Laura

Ekspresi cinta saat vaksin HPV 


Senada dengan Cinta, Yuki Kato pun mengatakan, " Perempuan saat ini dapat memiliki peran dan menjadi apapun yang mereka inginkan. Saya sadar penuh akan perlunya sebagai perempuan yang aktif untuk dapat memiliki kontrol penuh akan kesehatannya. Saya harap, langkah yang saya ambil hari ini bersama KICKS dapat menggerakkan perempuan lainnya untuk segera melakukan vaksinasi HPV  dan melindungi diri dari bahaya kanker serviks. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati."

Ekspresi lucu Yuki Kato saat vaksin HPV 

Bersama dr.Venita Eng, Msc


Nahh guys, Cinta dan Yuki sudah di vaksinasi HPV, giliran kalian nih guys yg belom termasuk saya .... Hi hi hi



.



Komentar

  1. Inilah yang akan membawa ketakutan dan kecemasan dapat berkurang dengan suntikan vaksin HPV. Cegah kanker serviks yuk ah

    BalasHapus
  2. Penyakit langka ternyata banyak diderita anak2 indonesia ya mba smoga perawatannya bisa didapat dengan mudah yaa..kasian banget

    BalasHapus
  3. Sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat lebih paham cara pencegahan kanker serviks, hanya dengan Vaksinasi HPV, kita terhindar dari penyakit yang mematikan ini

    BalasHapus
  4. Keren acaranya. Semoga event kayak gini bisa rutin diadakan di seluruh Indonesia ya Mbak 😊

    BalasHapus
  5. Harus disebarkan info ini, agar dapat menekan angka kematian berkat kanker serviks

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah saya udah ikutan vaksin HPV. Kembaran sama cinta laura donk. Sayangnya gak kefoto, hiks... Penting banget loo ikutan vaksin. Yuk sebarkan info ini!

    Salam manis,
    -- artha, pake HP suami. Hehe --

    BalasHapus
  7. semoga informasi nya bermanfaat

    BalasHapus
  8. Bagus banget bun, semua perempuan di indonesia harus tahu bahaya kanker serviks

    BalasHapus
  9. Duuuh kanker emang momok banget buat semua orang. Semoga vaksin bisa mencegah dan menghindarkan banyak orang dari penyakit ini. Btw saya nulis juga tentang komunitas kanker dan rumah sakit kanker di Surabaya. Silakan berkunjung. Terimakasih,

    BalasHapus
  10. Duh ngeri banget yah kanker serviks ini.. Kita harua jaga bener2 kesehatan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kota Tua Melalui Kegiatan Happiness Race bersama Vivalova

Toyota All New Rush

Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat