Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat



Tidak bisa di pungkiri lagi, di zaman yang serba canggih ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Semua serba digital, dan tidak hanya teknologi tapi juga merambah bidang lainnya seperti financial.

Tanpa kita sadari, aktifitas kita sehari hari,
Kebanyakan akibat dari perkembangan teknologi.
Berkat perkembangan teknologi, berbagai aktifitas financial bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Namun, apakah kita cukup jeli dalam memilah dan memilih jenis fintekh yang sesuai dengan kebutuhan kita dan terjamin oleh Otoritas Jasa Keuangan agar tethindar dari kerugian.

Reggy Sinaga (Public Relation Manager AdaKita) mengatakan bahwwa " Fintech adalah segala kebutuhan financial yang di topang oleh tekhnologi"

Banyak sekali masyarakat yang belum paham apa itu peer to peer lending, jadi Fintech adalah penyedia layanan pinjaman berbasis tekhnologi informasi.

Terkait masalah tersebut pemkab Purwakarta dan Disporaparbud menggandeng Fintektok gelar acara edukasi  tentang "Financial Teknologi Masyarakat". Acara yang bertemakan pengenalan fintech dan manfaat nya bagi masyarakat itu di gelar di gedung Disporaparbud tgl 19 Juli 2019 yang lalu.



Acara yang terbuka untuk umum ini menghadirkan nara sumber dari otoritas jasa keuangan (OJK) dan pelaku fintech di Indonesia diantara nya Luna Amirahdya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asri Anjasari dari Cashwagon atau PT.Kaswagon Indonesia, Reggy Sinaga dari PT.Unikas Indonesia Pasifik. Adan Budi dariModal Antara.

Ikut serta di acara ini berbagai perusahaan fintech dan keuangan seperti Cashwagon, AdaKita, PasarPinjam, LumbungDana, Modal Antara, Narada Asset Management, dan Emergenetics Indonesia.

Keberadaan fintech ternyata bisa meningkatkan taraf hidup dan juga daya beli masyarakat banyak.
Selain itu fintech juga dapat mengurangi jumlah pinjaman yang berbunga tinggi.

Reggy Sinaga sebagai salah satu narasumber dari AdaKita memaparkan bahwa " untuk  meminjam di Fintech tidak perlu survei, tidak oerlu jaminan, tidak perlu dokumen fisik, dan waktu pinjaman lebih cepat ".

Hingga saat ini perusahaan fintech yg terdaftar ada 113 fintech dengan berbagai jenis produk pinjaman mulai dari pinjaman konsumtif  hingga produktif.

Talkshow fintektok ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-51 Kabupaten Purwakarta. Selain talkshow fintech, juga digelar ditempat yg sama Seminar Pemuda Berprestasi Purwakarta yg menghadirkan pemuda-pemuda sukses Purwakarta.

Hadir pula para pelajar dari berbagai sekolah yang sangat antusias mendengarkan penjelasan tentang fintech ini.


Acara yg didukung penuh OJK dan Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) ini bertujuan memberikan edukasi dan sosialisasi khususnya kepada masyarakat Purwakarta mengenai perkembangan teknologi dibidang keuangan, produk-produknya dan bagaimana prakteknya di masyarakat.

 Salah satu produk dari Fintech yaitu
"AdaKita". 

AdaKita adalah Fintech P2P lending legal, yang sudah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 1 Februari 2019.

Visi misi nya adalah memberikan layanan
Yang maksimal dengan tujuan memberikan kepuasan dan kesejahteraan bagi masyarakat untuk itu AdaKita memberikan produk khusus UMKM, karna platform ini melihat banyak sekali UMKM di Indonesia, yang belum tersentuh oleh Bank, untuk itu produk pinjaman yang di tawarkan ada produk pinjaman khusus UMKM, pertanian. Perikanan, pendidikan, pengobatan dan renovasi rumah.

Masyarakat juga harus lebih jeli dalam memilih fintech yang legal dan illegal.
OJK sendiri masih putar otak dalam mencegah perusahaan Financial Tekhnologi abal-abal menjamur.
Masalahnya, perusahaan fintech tak berizin itu sebenar nya sudah di tutup, namun muncul lagi dengan nama yang berbeda.

Diharapkan dengan ada nya edukasi ini, masyarakat jadi lebih tau bagaimana cara nya memilih Financial Tekhnologi yang aman dan dapat dipercaya.

Komentar

  1. Pinjaman online ini Sangat membantu ya bun buat untuk usaha ataupun renovasi rumah, tapi kita ngga boleh salah pilih ya karena banyak yang ilegal

    BalasHapus
  2. Serupa dengan Koperasi namun jangkauannya luas... Jd alternatif buat warga desa atau kampung juga

    BalasHapus
  3. Pngetahuan tentang fintek memang sangat perlu untuk mencegah terjerat dengan fintek abal2 y mba hehe fintek harus dilindungi OJK

    BalasHapus
  4. Solusi tepat untuk yang lagi kepepet ya mbak.. Prosesnya ga ribet pula.. ^^

    BalasHapus
  5. Bagus sekali sosialisasinya.yang jadi pertanyaan besar saya , kenapa acaranya di adakan di daerah purwakarta, termasuk masyarakatnya yang berduit kah mereka?

    BalasHapus
  6. AdaKita bermanfaat sekali untuk masyarakat, dan memang perku sosialisasi menyeluruh agar semua masyarakat tahu apa itu fintech AdaKita

    BalasHapus
  7. Mau pinjam duit jàdi mudah skrg ya kak jd gk takut lg, asal pilihan lembga keuangannya tepat

    BalasHapus
  8. Iya Bun, Fintech Adakita memang solusi yang tepat untuk masalah keuangan anda,..

    BalasHapus
  9. Kegiatan bagus ini sebaiknya lebih sering diadakan di setiap kota di Indonesia biar banyak yang tahu. Saya terus terang baru tau dan masih butuh banyak info tentang ini.

    BalasHapus
  10. Banyak informasi yang bermanfaat seperti ini, nah semoga juga banyak masyarakat yang mau baca informasi yang ada dan terpercaya.

    BalasHapus
  11. Wlpn udh di awasi ojk kita harus hati2 jg bun pilih lembaga keuangan yang terpercaya

    BalasHapus
  12. Fintech saat ini sudah menjamur dimana-mana, sangat bagus diadakan sosialisasi seperti ini, agar masyarakat lebih paham tentang fintech yang sudah terdaftar di ojk

    BalasHapus
  13. benar, penting sekali memilih fintech yang aman dan terpercaya

    BalasHapus
  14. Bagus talkshow fintech nih...sudah di ajawi oleh OJK juga jdi lebih terjamin lagi

    BalasHapus
  15. Wah seru banget ya acara nya. Ga cuma hepi hepi aja tapi ada manfaat nya juga yaah..

    BalasHapus
  16. kalo udah terdaftar dan diawasi OJK sudah aman ya, hati tenang

    BalasHapus
  17. Kawanku juga ada yg minjam uang di fintech yg udah diawasi OJK, tapi bukan AdaKita ini. Pihak AdaKita harus turun ke daerah biar kami ngerti ttg ini.

    BalasHapus
  18. Bisa nih kalau mau usaha pinjam modal di fintech AdaKita, karena pastinya udah aman kan

    BalasHapus
  19. Baru denger nie ada fintech tektok seperti ini semoga bisa membantu perkembangan umkm di indonesia ya

    BalasHapus
  20. Aku baru dengan sih istilah FinTech ini. Yang menarik adalah kalimat yang ini "fintech juga dapat mengurangi jumlah pinjaman yang berbunga tinggi" secara hidup berkeluarga punya anak pasti banyak butuh bisa jadi solusi tepat buay keluarga kami

    BalasHapus
  21. baru tau ada finntech, seru ya acaranya, jadi dapet ilmu tentang keuangan

    BalasHapus
  22. Iya penting ini Dan harus sering sering baca tentang fintech. Aku baru tau krn baca tulisan kamu.

    BalasHapus
  23. iya nih, kadang aku bingung kenapa financial teknologi lebih sulit di Brantas daripada yang asli

    BalasHapus
  24. Wah makin kesini semua dipermudah dengan teknologi ya keren xeh

    BalasHapus
  25. Betul, edukasi semacam ini sangat penting agar masyarakat tidak mudah tergiur dan selektif memilih fintech yang akan diapply. Agar tidak menyesal kemudian.

    BalasHapus
  26. Kalau urusan keuangan memang biasanya yang saya lihat pertama kali itu sudah didukung OJK atau belum. Biar lebih tenang :)

    BalasHapus
  27. Setuju banget sama OJK harus banget lah ya cari yg legal biar ga tipu-tipu dan terjadi hal yg tidak diinginkan kemudian hari.

    BalasHapus
  28. Wah keren yah, sudah terdaftar OJK jadi InshaAllah aman

    BalasHapus
  29. Secara luas masyarakat perlu banget nih dapat edukasi macem fintech kayak gini. Supaya manfaat dan pemberdayaan masyarakat pun makin luas. Setuju banget mba.

    BalasHapus
  30. Baru tau nih tentang fintech.. jadi nambah info.. thanks tulisannya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  31. Baru tau aku ttg fintech ini.. bener bener aman dan terpercaya nih kak?

    BalasHapus
  32. wah menarik nih pembahasan ttg fintech gini. thanks for sharing ya :)

    BalasHapus
  33. Thanks infonya, menarik banget. Oiya, ngomongin fintech P2P Lending, banyak deh orang yang nanya tentang Kayak gimana sih masa depan P2P Lending itu? Apa bakal makin besar atau malah nggak bakal maju-maju? Untuk lebih jelasnya, temen-temen bisa liat di sini: prospek peer to peer lending

    BalasHapus
  34. Lagi rame nih fintech ini, salah satu startup terobosan anak negeri😊👍 smoga berjaya

    BalasHapus
  35. Wah ada lagi fintech untuk membantu masyarakat. Yang penting resmi dan terdaftar di OJK yaa :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kota Tua Melalui Kegiatan Happiness Race bersama Vivalova

Toyota All New Rush