Mengenal Lebih Dekat Wisata Kota Tua Melalui Kegiatan Happiness Race bersama Vivalova

        
Sabtu, 24 Nov 2018. Pagi yang cerah secerah hati ku yang sudah tak sabar ingin segera sampai dikawasan Wisata Kota Tua yang terletak di Jl. Taman Fatahillah No 1 Rt 07/Rw 07,Kota Tua,Pinangsia,Taman Sari,west Jakarta City.

Keberangkatan saya ke Kota tua saya pilih dengan menggunakan BusWay dengan rute Bunderan Senayan - Kota.

Saat itu perasaan saya campur aduk jadi satu. Pertama rasa senang,karena bisa terpilih dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Viva.co.id dan happy one.id. Kedua, saya merasa kurang percaya diri karena bertemu dengan para blogger yang jauh lebih mumpuni.

Tapi dibalik rasa ketakutan ini saya merasa beruntung dan bangga menjadi salah satu bagian didalam acara happiness race. Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Viva.co.id dan happyOne.id yang telah memberikan saya Kesempatan.

Tak berapa lama sekitar 20menit, bus sampai di halte busway Kota. Bergegas saya turun dan langsung menuju ke lokasi meetpoint di Historia Cafe yang letaknya tepat didepan museum Fatahillah. 

Terlihat banyak sekali orang yg datang dengan memakai topi yg berwarna warni, dan saya pun di sambut oleh para kakak- kakak kece di meja registrasi. 

Wohoo ... Ternyata topi yg dipakai mereka tadi bagian dr isi godie bag yg saya terima. Lengkap sudah, ada topi, jas hujan dan air mineral. Buat perlindungan qt sewaktu menjalani rangkaian Happiness Race nanti.

Acara dibuka oleh 2 orang cewek yang kece badai. Sambutan pertama diisi oleh
Bpk L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication dan Event Asuransi astra, serta Lusi Liesdiani sebagai Senior Vice president Digital Channel Asuransi astra. 

Asuransi ini cocok banget buat para millenials, karna kita bisa langsung daftar dan beli preminya LANGSUNG Kapan Aja dan Dimana Aja asalkan, tersambung dengan koneksi internet lhoo .. 

Pak Iwan juga menjelaskan bahwa asuransi ini bisa dibilang "my all in one insurance" karna HappyOne.id mempunyai beberapa varian asuransi yang mampu memberikan proteksi/perlindungan, dan pembeliannya bisa disesuaikan banget dengan kebutuhan nasabah. Asyikk kaan ... 

Lebih asyikk lagi happyOne.id ini fleksible dan dapat diakses Kapan saja dan dimana saja. Cukup satu ID alias One.ID untuk melakukan pembelian, cek riwayat polis dan lain sebagainya.
           
Canggih kann ... Keren kann ... 
Daftar asuransi berasa lagi belanja online shopping . Wohooo ...

Truss ... Truss mau tau gak gimana cara nya .. ??
Info selengkapnya bisa d klik di sini 
HappyOne.id atau bisa juga menghubungi nomor telepon mereka di 15 00 112 standbye 24 jam lhoo ...

#BeTheHappyOne

Produk asuransi Happy One.Id terdiri dari : 

⛑️ HappyMe

Lindungi dirimu dari resiko kecelakaan yang mungkin terjadi kapan  dan dimana saja

🎓 HappyEdu

Pastikan pendidikan anak mu terlindungi dari risiko kecelakaan yang kamu alami.

🏡 Happy Home 

Lindungi rumah kesayangan mu dari resiko kebakaran

✈️ Happy Trip

Pastikan keamanan perjalanannya terjamin bersama kami

Oh iya,kita semua yg mengikuti acara Happines Race ini sudah dilindungi  lho oleh asuransi #Happy me dari Happy one.id. Jadi gak takut lagi dikala sedang mengikuti serangkaian kegiatan di Kota Tua nanti.

Sangat penting untuk memproteksi diri dan keluarga  kita sedari dini. Karna kita tidak tahu apa yang akan terjadi kelak dikemudian hari nanti . Dengan mempunyai asuransi berarti kita sudah mempunyai bekal perlindungan untuk masa depan kita. Jelas bu Lusi Liesdiani menutup sambutan.

Dokumen Pribadi


Selanjutnya kami berkumpul sesuai dengan kelompok masing2,yang sebelum nya memang sudah dibentuk dan di share di group WA. Kebetulan saya masuk dalam kelompok 8 yang terdiri dari  Yopi Saputra, Novitania, chichie dan April Hamsah.

Semua kakak-kakak ini baru banget saya kenal. semoga silaturrahim kita tidak putus ya gaess ... Senangnya bisa berkenalan dengan kalian semua. 
Dok.pribadi 

Kelompok 8 (Yopi,Novitania,Chichie,Kesih,April)

Petualangan Seru Happines Race pun di Mulai ... 

Oke Gaess, siap-siap kita untuk berpetualang di wisata Kota Tua. 
Sebelumnya kita dibriefing terlebih dahulu oleh team Viva.co.id untuk  mendapatkan tantangan dan mendapatkan clue nya.

1. Zona Biru ( mengupload foto sesuai tema )


setiap team yang terdiri dari 5 orang akan diajak berkeliling dikawasan sekitar Kota Tua yang akan dipandu oleh tour guide dari masing2 kelompok . kelompok kami digabung menjadi satu dengan kelompok 7 dan 9. Uncle Jim, itulah nama pemandu wisata kami, yang biasa dipanggil Opa juga. Sosok yang keliatan paruh baya itu terlihat sangat  humble dan fasih berbahasa Inggris bahkan beliau juga bisa lho berbahasa Belanda dan Perancis. Woww ... Salut buat Uncle Jim. 


Uncle Jim 

Sembari kita berkeliling, kita diharuskan mengumpulkan foto-foto sesuai dengan tema yang sudah diberikan. Diantaranya :

HappyMe  : Foto tentang keceriaan kita di saat mengikuti kegiatan Happiness Race ini

HappyEdu : Foto tentang bangunan/arsitektur dikawasan sekitar Kota Tua.

HappyHome : Foto tentang keceriaan anak-anak yang sedang bermain dikawasan KotaTua.

HappyTrip : Ceritakan alasan kenapa kita harus berwisata ke Kota Tua. 

Cekrek ... Cekrekk , kamipun mulai mengambil dan mengumpulkan foto-foto  yang akan kami upload ke Instagram sesuai tema yang diberikan oleh panitia.

Diawali dengan melihat-lihat bangunan disekitar kota Tua.











All dok.pribadi

Setiap gedung-gedung tua ini mempunyai sejarah nya masing-masing yang sudah seharusnya kita ketahui.
Selain itu juga banyak museum dan bangunan lain yang dapat kita jumpai disana, diantaranya ada museum Fatahillah, museum Wayang, museum Seni Rupa dan Keramik, museum  Bank Indonesia, museum Bank mandiri, kafe Batavia, Toko Merah, Merta Niaga building dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1972, gubernur Jakarta Ali sadikin mengeluarkan dekrit resmi yang mengumumkan kota tua sebagai situs warisan budaya. Keputusan gubernur ini ditujukan untuk melindungi sejarah arsitektur kota atau setidaknya bangunan yang masih tersisa disana.

Perjalanan berakhir di dekat stasiun kota tua, dan team panitia dari Viva.co.id sudah menunggu kami untuk melihat hasil kerja kami. Setelah team kami berhasil mengupload semua foto sesuai tema kedalam Instagram kamipun mendapat clue selanjutnya didalam amplop yang ternyata isinya adalah tulisan satu paragraf yang di dalamnya ada huruf bercetak tebal yang apabila disusun akan menjadi satu kata yang menunjukkan akan kemana kita selanjutnya.

2. Zona magenta 
Vihara Dharma Bhakti ( Kim Tek Le )

Ternyata kita harus ke salah satu Kelenteng Tua yang ada diKota Tua. Vihara Dharma bhakti atau Kim Tek Le. Bakalan seru nih gaess, secara kalau bukan acara Happiness Race ini mungkin saya tidak akan pernah berkunjung ketempat ini.

Dengan modal uang 100rb yang ada didalam amplop, kami pun bergegas menuju kesana, dan karna kami berlima, kami memilih transportasi online yang pastinya lebih murah meriah.




All dok.pribadi 


Vihara Dharma Bhakti atau kim Tek le adalah Kelenteng tua di jakarta selain kelenteng ancol.

Kelenteng ini dibangun pertama kali pada tahun 1650 dan dinamakan Kwan im Teng yang diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi klenteng.

Klenteng ini sempat terbakar saat terjadi pembantaian terhadap etnis Tionghoa pada tahun 1740. Namun dipugar kembali pada tahun 1755 oleh kapitan Oei Tji_lo dan diberi nama Kim Tek Le

Setelah selesai kami melihat lihat bagian dalam klenteng untuk mengetahui sejarahnya (kebetulan pemandu di sini Uncle jim. Ketemu lagi kita dengan beliau) dan mengambil beberapa foto disana, kamipun kembali kedepan untuk bertemu panitia dari team Viva.co.id.

Disana kami diberikan pertanyaan seputar bangunan kota tua dan sejarah Klenteng. Kamipun menjawab secepat mungkin di secarik kertas yang diberikan,karna keterbatasan waktu.

Selanjutnya sebagai hadiah kami diberi roti sesuai jumlah jawaban yang benar. Dan amplop selanjutnya yang kami terima menjelaskan bahwa kami harus mencari sebuah kedai yang menjual minuman legenda khass kota tua yang namanya pun tidak disebutkan. Alhasil kamipun langsung menanyakannya ke mbah Gogle dan Yess ... Kami mendapatkan jawabannya.

Oh ya, sembari mencari kedai kopi legenda kamipun diharuskan mencari permen/ manisan dengan 5 warna. Kebayang gak sih di tengah-tengah pasar yang ramai kami disuruh mencari toko manisan,setiap toko kami perhatikan satu-persatu, apakah menjual manisan atau tidak.

Kami pun harus bergegas karna berpacu dengan waktu. Meskipun sedikit lelah, haus dan lapar karna jam sudah menunjukkan waktu nya buat makan siang. Tapi kami tetap semangat dan happy. Karna justru letak keseruannya itu ya disini. Dan akhirnya kami pun menemukan sebuah toko manisan dan membeli seperempat kilo gram manisan yang didalam nya ada 5 warna manisan yang berbeda dengan harga 15rb saja.

Dok. Novitania


3. Zona  Hijau Kedai Kopi Tak Kie 

Terletak diarea Glodok tepatnya gang Gloria,sampai juga kami dikedai Kopi Tak Kie.

Team viva pun menyambut kami dan menanyakan manisan yang kami bawa.
Kami pun lalu menyerahkannya lalu diajak kedalam untuk menikmati Es Kopi Tak Kie yang melegenda itu.

Ada 2 pilihan jenis kopi disini. Kopi hitam dan kopi susu.

Saya pun memilih es kopi susu.
Hemm ... Haus yang tadi kami rasakan pun hilang seketika.

Dan untuk mengobati rasa lapar kami, challenge selanju tnya pun kami terima.

4. Zona kuning 
Rujak Shanghai Encim


Dok.chichie




Yeayy ... Akhirnya dapat makanan juga walaupun hanya sepiring berlima.
Hahaha ... Upss, sekilas makanan ini menggugah selera,tapi ternyataaa .... Sendokan pertama membuat mulut ku mau muntah rasanya.
Begitupun anggota team yang lain. Tapi apa daya, tantangan ini harus kami tuntas kan. Kami harus memakannya berlima  sampai habis. OMG ....

Apa aja sih isi  Rujak shanghai yang membuat kami sudah ill feel duluan  saat pertama kali memakannya. Biasanya rujak itu identik dengan buah-buahan yee kann ... Tapi ternyata, isinya tuh ada sayuran kangkung yang sudah direbus,potongan lobak dan mentimun. Gak cuma itu gaess, ada potongan daging ubur-bubur dan daging gurita yang sudah direbus dan dipotong-potong. Mungkin itu penyebab dari rasa amis yang tertinggal dimulut saat memakannya.

Tapi jujur kuah dari rujak Shanghai ini seger  banget. Warna nya merah perpaduan dari saos tomat,kecap asin dan saos merah kental ini ada sedikit rasa asam dr lemonnya,mungkin untuk menghilangkan bau amis dari makanan ini.

Yang membuat menariknya lagi, diatas rujak shanghai ini taburi kacang tanah yang sudah dihaluskan. Makin penasaran khann ...

Setelah menghabiskan semua nya.Lanjut Yukk ke challenge berikutnya.

Cluenya adalah Temukan kedai teh lawas untuk melestarikan tradisi patekoan sebagai simbol kebersamaan.

5. Pantjoran Tea House

 Ada cerita yang unik dan menggelitik dibalik pencarian Pantjoran tea house ini.

Jadi kita berlima tuh jalan kaki,dan sepanjang perjalanan kita bertanya kepada setiap orang yang bisa kita tanyai. Pertanyaan nya saya rasa sudah cukup jelas, dimanakah letak kedai patekoan yang memberi minuman teh secara gratis ke setiap pengunjung.

Hihihi ... Tapi apa daya, mereka menunjukkan arah yang salah. Dan sampailah kami disebuah klenteng yang namanya sama Patekoan. 

Penasaran dengan kertas clue yang ada, sayapun menanyakan ke kak Yopie yang memegang kertas clue tsb.

Hemm .. Ini tuh petunjuknya kedai tapi kenapa kita diarahin ke klenteng yaa, ahahaha ...

Tanpa pikir panjang lagi kamipun akhirnya gogling dan langsung mencari transportasi yang ada biar cepat.

Taraaa ... Akhirnya kita memutuskan untuk naik bajaj berlima. Karna kendaraan umum yang didepan mata ya cuma bajaj.


Dok.Pribadi

Dok. Novitania

Sesampainya di Pantjoran Tea house yang terletak dekat jembatan Glodok, kami pun tertawa geli saat baru turun dari bajaj.  Lalu menikmati secangkir teh yang telah disediakan didepan kedai.

Setiap harinya tempat ini menyediakan 8 teko teh gratis untuk dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang.

Yesss ... Ini adalah challenge terakhir dari team Viva.co.id. Dan kamipun kembali menuju ke Hiistoria Cafe untuk kembali berkumpul bersama anggota yang lain.


Dok. Pribadi


Rasa lelah dan cape terbayar sudah oleh keseruan hari ini. Saat tertawa lepas, mengingat kejadian-kejadian seru selama mengikuti kegiatan Happiness Race tadi, terlihat jelas kebahagiaan diwajah kami setelah melakukan kegiatan Happiness Race ini.

Sesampainya di Historia Cafe kami disambut oleh hidangan makanan yang menggugah selera.

Sehabis Ishoma ternyata ada bonus challenge dari team Viva.co.id,yaitu membuat minuman khas dari betawi.

6. Bir pletok

Setelah melihat tutorial dari chef yang ganteng kaya sekuteng belum mateng, hihihi ... Saya dan salah satu teman saya kak Novitania mengikuti challenge ini. Yaitu membuat dan mengeksplor minuman bir pletok ini agar rasa dan hasilnya minimal hampir mendekati sama dengan yang dibuat oleh chef.

Dok.pribadi

Dok pribadi  

Dok.pribadi
Saat nya pengumuman pemenang membuat bir pletok.

Kelompok kami pun bersiap-siap. Tapi sayang tidak memenangkan challenge ini.

Dan saat nya pengumuman pemenang challenge Happiness Race dan doorprice.

Yeayyy ... Akhirnya nomor doorprice saya pun keluar, no 35.

Sejumlah voucher MAP senilai 500rb mendarat mulus di tangan saya.

Dok.pribadi 

Wajah sayapun semakin ceria dan bahagia, tatkala menerima hadiah ini.

Terimakasih Viva.co.id dan Happy one.id.
Kalian mengemas acara ini dengan sangat kerennn dan seru tentunya.

Happy ... Happy ... Happy ...

Itulah perasaan saya yang tak bisa diungkapkan setelah mengikuti kegiatan Happiness Race tadi.

Ditunggu event seru lain nya. Dan sampai ketemu di event selanjutnya yaa ...

Salam Vivalova ... 

































Komentar

  1. Wiiihhhh seru kayaknya yah, ngomong2 itu jadi rasa rujaknya kayak gimana?

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah mbak, seru banget ya. Jadi mupeng banget nih mbak. BTW, agar bisa lolos seleksi buat ikutan DA tahun depan gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pantengin aja vivanewstainment mba Eva Susanti

      Hapus
  3. Seruunya jalan-jalan ke Kota Tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya .. Seru bgt. Coba yukk, sometime k sana ...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Bagus banget artikelnya, bagus juga foto2nya. Bikin penhen jelajah kesitu lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuzz yukk .. Mumpung liburan sdh di depan mata .. Hihihi

      Hapus
  5. Seneng nya , seru ya memang wisata kota tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu .. Apalg kalau perginya rame2 .. Tambah asyik.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toyota All New Rush

Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat