Ulang Tahun RSCM Ke-100 Tahun, Mengukir Karya Meraih Prestasi


Dokpri


Halohaaa ....
Apa kabar nya nih, sudah masuk liburan. Sudah ada rencana mau berlibur kemana, atau sudah colong start liburan duluan .. ?? Hihihi ...

Team Blogger ISB

Memasuki suasana liburan, kebetulan aku dan beberapa teman Blogger berkesempatan untuk menghadiri acara Ulang Tahun nya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM ) yang ke -100 tahun.


Sekilas Tentang RSCM 

Sudah tahu dong tentang RSCM ini, rumah sakit pemerintah yang terletak di Jl. Diponegoro No.71 Jakarta-Pusat.
Selain memjadi rumah sakit pemerintah RSCM juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan. Salah satu nya adalah Fakultas Kedoktetan Universitas Indonesia.

Nama rumah sakit ini diambil dari nama Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. seorang tokoh perjuangan Indonesia pada masa kolonial.

Moto nya adalah :

" Menolong, Memberikan Yang Terbaik "

Ulang Tahun RSCM KE-100 Tahun.

Sabtu, 21 Desember 2019 bertempat di Istora Senayan terlihat suasana meriah oleh pengunjung yang menghadiri acara Ulang Tahun RSCM yang ke-100 tahun ini. Kali ini mengusung tema,
" Mengukir Karya Meraih Prrstasi "

Sebagian dari para pengunjung adalah karyawan ataupun Dokter-dokter dari RSCM.

Awal masuk pengunjung melakukan registerasi terlebih dahulu, sesuai loket antriannya. Karna ada loket khusus buat karyawan dan non karyawan atau pengunjung.

Aplikasi RSCM 


Mereka yang ingin menghadiri acara ini dan ikut seminar, bisa melakukan registrasi telebih dahulu melalui aplikasi  RCSM yang bisa diunduh diplay store. Nanti nya akan ada barcode dikolom Profile yang discan untuk bisa masuk dan mengikuti acara ini.

Di ulang tahun nya ini RSCM, selain menggelar both-both kesehatan juga mengadakan berbagai seminar kesehatan. Untuk karyawan free atau gratis sementara untuk umum berbayar dengan harg yang sangat terjangkau sekali.

Kebetulan dievent ini aku akan menghadiri seminar tentang Hidrasi Sehat di ruang Mawar 1. Sambil menuju ke ruangan Mawar tersebut, sepanjang jalan aku melihat antrian pengunjung yang ingin mengikuti berbagai cek kesehatan yang tersedia disana.

Dokpri

Sampai tiba ditempat yang dituju akupun melakukan registerasi dan masuk kedalam ruanagan.

Yess kali ini aku menghadiri seminar tentang Hidrasi Sehat. Mau tahu apa saja yang aku dapatkan diacara ini. Yukk simak terus ya blog aku ...


Hidrasi Sehat Untuk Prestasi Hebat 

Dokpri 

Apasih Hidrasi Sehat itu .. ??
Hidrasi sehat adalah keadaan air didalam tubuh kita cukup, artinya jumlah cairan yang masuk sama dengan yang keluar.

Gaess, kalian pasti sudah pada tahu kan, kalau banyak mengkonsumsi air putih itu bagus buat kesehatan minimal 8 gelas sehari.

Tapi tau gak sih alasan nya "Mengapa kita perlu air "

2/3 dari tubuh kita terdiri dari air. Air merupakan zat gizi makro ESENSIAL. Tubuh tidak dapat memproduksi air.
Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk :



Lalu dari mana saja kita dapat memenuhi asupan air harian .. ??
80% air yang kita konsumsi berasal dari air putih dan minuman lain seperti susu, jus dan lainnya, 20% nya dari makanan yang kita konsumsi.

Kebutuhan air manusia berbeda-beda sesuai usia nya. Berapa gelas /lt air yang kalian butuhkan, siahkan lihat gambar dibawah ini ya ...



Nah gaess, sudah tahukan berapa asupan air yang kalian butuhkan, sudah cukup
ter Hidrasi kah .. ?? karna kalau tidak, kita bisa terkena Dehidrasi lhoo ..

Hidrasi.    ➡️ Kecukupan air dalam tubuh
Dehidrasi ➡️ Kekurangan cairan dalam tubuh.

Dehidrasi bisa menyebabkan beberapa keluhan, diantara nya:

➡️ Mudah Lelah
➡️ Kram
➡️ Kepaa pusing
➡️ Mulut dan Lidah kering
➡️ Sangat merasa haus
➡️ Bingung, linglung

Dehidrasi juga menimbulkan gejala dalam tubuh seperti :

➡️ Menurunnya Volume Darah
➡️ Menurunnya Tekanan Darah
➡️ Detak Jantung Naik/lebih cepat
➡️ Suhu Tubuh Meningkat

Buat kalian yang suka bingung atau seperti linglung, banyak2 deh minum air putih, seperti iklan sponsor dari acara ini.
" ADA AQUA ... ?? "
Dehidrasi juga bisa menyebabkan gangguan Kognitif dan Mood.
2% saja bisa mengganggu performa tubuh, seperti Konsentrasi, Alertness,  Memory jangka pendek. Buat kalian yang sudah mulai uring-uringan atau bad mood gak jelas buru-buru deh minum air putih.

Mengkonsumsi air putih juga bisa mengurangi resiko Penyakit Ginjal Kronis dan Gagal Ginjal.



Dehidrasi jangka panjang bisa meningkatkan resiko kegemukan sementara air minum dapat membantu menurunkan berat badan.
Bagaimana cara nya ... ??


Gaess, untuk membantu kita mengetahui apakah kita mengalami dehidrasi atau tidak , kita bisa periksa melalui warna urine kita sendiri lho.



Untuk para pekerja perlu diperhatikan juga, jangan sampai keasyikan bekerja malah lupa dengan kecukupan air minum nya. Termasuk ibu rumah tangga yang bekerja dirumah yaa ..

Tips kebutuhan cairan untuk para pekerja :

❄ Minum mineral minimal 2 Liter/hari
❄ Pekerja di tempat kerja dengan lingkungan panas, tambahkan minum anda minimal 2 gealas/jam
❄  Jika anda bekerja dilingkungan sangat panas dan aktifitas sangat berat tambahkan asupan minum anda minimal 4 gelas/jam.

Kapan sih waktu yang tepat buat minum air ..??



Seputar Tipe Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Di Indonesia.

Air minum dalam kemasan adalah air yang telah diproses, tanpa bahan pangan lain nya dan bahan tambahan pangan, dikemas, serta aman untuk diminum.

Ada beberapa tipe air, yaitu :

❄ Air mineral
❄ Air Demineral
❄ Air Beroksigen
❄ Air Ph Tinggi (Alkali)

Mitos dan Fakta seputar AMDK :



Sebagai penutup, ada sedikit tips dan trik buat kalian agar terhindar dari Dehidrasi :

❄ Selalu membawa air ditangan
(dalam tas, disisi tempat tidur, dimeja kerja ..)
❄ Mulai setiap istirahat dengan air
❄ Jangan menunggu haus untuk minum
❄ Mulai dan akhiri hari dengan segelas air
❄ Perhatikan saat dimana tubuh membutuhkan air lebih banyak ( saat suhu panas, sebelum-sesaat-setelah aktifitas fisik ) 


Team Blogger ISB 

Oke Gaesss, itu dia hasil seminar kali ini diacara Ulang Tahun RSCM yang Ke-100 tahun. Semoga bermanfaat ya. Selamat berlibur .... 😍



































Komentar

  1. Wah100 th euy . HBD ya semoga layanan makin untuk rakyat Indonesia

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata RSCM sudah berusia 100 tahun ya! Selamat :) Alhamdulillaah kalau soal hidrasi air aku dan keluarga berusaha untuk menjaga kecukupan air dalam tubuh. Ga mesti merasa haus juga baru minum ya. Minimal 2 liter per hari itu idealnya. Kulit sehat juga berkat kadar air yg terjaga dalam tubuh kita. TFS mbak Kesih :)

    BalasHapus
  3. Widiiiwww, RSCM udah umur 100 tahun aja niih, keren mantab jiwa, dan banyak banget jasa2 seluruh tim RSCM untuk dunia kesehatan yaaaa
    Bravoooo!

    BalasHapus
  4. Wow satu abad?
    Selamat ulang tahun RSCM
    Semoga semakin banyak pasien yang segera sambuh sekeluarnya dari daftar hadirmu ya...
    Amin.

    BalasHapus
  5. Sebagian besar tubuh kita memang terdiri dari air oleh karena itu butuh minum banyak air.
    Seru banget inI RSCM gelar banyak seminar sehat. Kalau aja deket ingim datang,

    BalasHapus
  6. Rs yang udah tua ya? Beruntung mbak bisa ikut merayakan dan mengikuti seminar hut RSCM ke 100. Duh, berarti dari jaman belanda RS ini telah ada

    BalasHapus
  7. Aku masih suka bandel, nih. Kadang kalau sibuk bekerja, sampai lupa yang lainnya termasuk minum. Rasanya memang jadi nggak enak. Bukan hanya tenggorokan kering, tapi tubuh terasa loyo.

    Makanya aku akalin dengan menyediakan cemilan kering. Biar haus, biar ingat minum, hehehe ...

    BalasHapus
  8. Waah sudah 100 tahun ya RSCM, semoga makin menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakat. :)

    BalasHapus
  9. Acaranya sangat bermanfaat ya..
    Luar biasa rscm sudah seabad..
    Sukses ya rscm

    BalasHapus
  10. Iya benar, tubuh kita sangat butuh air. Saat benar-benar menyadarinya, saya berusaha tidak minum minuman lain terlalu banyak lagi. Cukup minum air putih. Bahkan saat bertamu pun, lebih senang minta air putih saja sama tuan rumah.

    BalasHapus
  11. Sering sekali dengar nama RSCM. Yang terbayang di kepala adalah rumah sakit khusus para pejabat 😊 padahal sebenarnya tidak juga yaa...

    BalasHapus
  12. Ini udah jadi jargon dah kalo oleng sedikit langsung ditanyain: ada aqua? Haha... begitu pentingnya air ya untuk menjaga kesehatan kita.

    BalasHapus
  13. Tipsnya agar terhindar dari dehidrasi sepertinya wajib dicoba nih, apalagi untuk saya yang kerap pusing kalau kekurangan minum air mineral.

    BalasHapus
  14. RSCM udah ulang tahun yang ke 100? Waah panjang perjalanannya rumah sakit ini ya 😊 semoga semakin sukses dan terus melayani 🤗

    BalasHapus
  15. Wah RSCM ternyata udah 100 tahun lamanya, salah satu RS tertua di Indonesia ya. Semoga pelayanannya makin membaik.
    Bagus juga tu mbak talkshownya mengingatkan kita supaya rajin mencukupi kebutuhan air putih ya.

    BalasHapus
  16. Air merupakan kebutuhan manusia yg mesti dilakukan minum 8 gelas sehari. Karena tubuh manusia itu memang dari air. Jadi jangan lupa kemanapun anda pergi bawa air minum

    BalasHapus
  17. Ini mah seminar berfaedah banget ya mbak, bisa tahu masalah kesehatan plus ketemu teman baru yg seprofesi. Seru

    BalasHapus
  18. Selamat menempuh usia baru untuk RSCM semoga bisa selalu menjadi yang terbaik ya... Acaranya seru juga.. kalo deket aku datemg nih hehe

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  19. Acaranya seru sekali nih Mbak. Banyak informasi juga yang didapat yah terutama seputar AMDK. Btw thanks juga tipsnya agar terhindar dari dehidrasi

    BalasHapus
  20. Wah.. udah ultah ke 100 ya RSCM.. seneng banget pastinya. Dan seminarnya sangat inspiratif sekali ya kak

    BalasHapus
  21. Bagus banget mbak, liburannya nambah ilmu lagi. Thanks for sharing yaa

    BalasHapus
  22. Wahhh selamat ulang tahun RSCM ke-100, jaya selalu dan semoga pelayanan ke masyarakat semakin baik dari waktu ke waktu

    BalasHapus
  23. Wah, udah 100 th aja nih RSCM! prestasi dan sumbangsihnya bagi masyarakat juga negeri ini tentu luar biasa, ya, Mba?

    Btw, thanks sharingnya, Mba, jadi tau lebih banyaj tentang Hidrasi sehat, nih. 😊🙏

    BalasHapus
  24. wah udah 100 tahunn ya semoga semakin memberikan banyak manfaat lagi yah, aamiin

    BalasHapus
  25. Waahh RSCM sudah seabad, mksh mbak infonya, jadi tau banyak tentang dehidrasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fintech AdaKita dan Manfaat nya Bagi Masyarakat

True Money Gandeng EmasDigi Siapkan Investasi buat Ibu Rumah Tangga