IndoBuildTech Expo 2023 Kembali Digelar - PT Tatalogam Lestari Mengusung konsep Green Building

"  Home Sweet Home "

Seberapa jauh kamu pergi, rumah adalah tempat untuk kembali. Ada banyak hal yang bisa mendeskripsikan sebuah rumah. Bukan hanya digambarkan sebagai tempat tinggal, melainkan juga tempat untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga. 

Rumah atau hunian secara khusus baru akan dapat ditinggali apabila telah memenuhi kriteria-kriteria khusus, dimana diperlukan berbagai bahan yang sudah tertata dalam porsinya masing-masing. Memang tidak mudah untuk membangun sebuah rumah idaman, perlu perencanaan ekstra matang agar terhindar dari kendala serta meminimalisir kekeliruan saat melakukan proses pembangunan, sehingga rumah bisa sesuai dengan yang kita harapkan. 

Tempat tinggal tak hanya berbentuk sebuah bangunan rumah, namun bisa juga didalam sebuah gedung/ apartement. Apapun itu, buatlah senyaman mungkin agar tempat yang kita tinggali bersama keluarga tercinta menjadi sebuah tempat yang selalu dirindukan dan membuat kamu ingin selalu pulang kembali kerumah.

Untuk mewujudkan semua itu ada 7 hal penting yang wajib diperhatikan sebelum membangun sebuah rumah maupun gedung.

1. Menyiapkan Dana Pembangunan 

Dana merupakan point yang paling penting. Tetapkan dana untuk digunakan seberapa luas rencana kamu membangun rumah ataupun gedung serta model dan kualitas bangunan yang kamu inginkan.

2. Membuat Design Bangunan yang Akan  Dibangun.

Tentukan type/jenis rumah, luas, jumlah lantai, jumlah ruangan. Hal ini harus direncanakan sebelum pembangunan dimulai. Bicarakan dengan para pekerja, tukang atau mandor seperti apa rumah/gedung yang kita inginkan dan bentuk akhir dari rumah/gedung yang akan dibangun agar mereka mudah mengerti apa yang kita mau.

3. Memilih Mandor dan Tukang Bangunan yang Tepat

Hal ini tak kalah penting, dengan mempekerjakan mandor dan tukang yang berpengalaman, terampil serta komunikatif, maka proses pembangunan  sesuai design pun akan dengan mudah terwujud.

4. Memilih Material yang Berkualitas 

Pemilihan material merupakan hal yang paling dasar yang akan menjadi bagian dari sebuah bangunan. Pemilihan material yang berkualitas pastinya bangunan akan bertahan lebih lama, lebih kokoh dan tahan terhadap segala iklim yang dihadapi. Tapi jika material yang digunakan tdak berkualitas, maka bangunan tidak akan bertahan lama. Jadi pastikan gunakan bahan bangunan yang berkualitas. 

5. Memilih Suplier Bahan Bahan Bangunan yang Tepat

Carilah toko bangunan atau suplier terbaik yang dekat dengn proyek. Hal ini sangat membantu dan memudahkan pengiriman bahan lebih cepat dan terjaga kualitasnya. 

6. Memperhatikan Waktu Pembangunan

Rencanankan pembangunan dimusim yang tepat agar proses pembangunan berjalan dengan lancar. Cuaca sangat berpengaruh pada proses pembangunan, musim hujan akan banyak faktor yang menghambat proses pembangunan. 

7. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya patuh dan taat pada aturan pemerintah. Dengan mengurus izin mendirikan bangunan, maka bangunan yang didirikan akan terdaftar secara legal dan menjadi bukti sah bahwa tanah tersebut sudah dimiliki. 

Nah, itulah 7 hal penting  yang wajib diperhatikan sebelum membanguan sebuah rumah atau pun gedung.

Selain itu, tak ada salahnya untuk mengetahui trend pasar yang sedang happening. Baik dari segi  konsep bangunan maupun material pendukungnya. Rajin-rajinlah mengecek sosial media ataupun mengunjungi pameran. 

Seperti yang belum lama digelar, pameran Indonesia Building Technology Expo 2023 di ICE, BSD City pada tgl 5-9 Juli 2023. Saya berkunjung kesana dan berkesempatan melihat produk-produk berkualitas dari berbagai perusahaan .

Indonesia Building Technology Expo 2023

IndoBuildTech Expo 2023, resmi digelar pada tgl 5 hingga 9 Juli 2023. Kali ini berlokasi di International Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang. Pameran berbagai brand bahan bangunan dan material interor terbesar di Indonesia ini rutin digelar setiap tahunnya.

Event ini bertujuan untuk memudahkan para pegiat Interior Design dan furniture dalam memperoleh informasi terkait produk-produk yang mereka butuhkan. Dan kabar baiknya IndoBuildTech Expo selalu berhasil mengundang banyak peminat pada setiap gelarannya. 

Forward with IndoBuildTech

Tagline yang digaungkan untuk event tahun ini yang memberikan pesan semangat untuk terus berpartisipasi aktif dan signifikan dalam gerakan pembangunan negeri. Event yang dikemas dalam sebuah kegiatan yang kaya akan wawasan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk berbagai kalangan.


PT TATALOGAM LESTARI for IndoBuildTech Expo 2023

PT Tatalogam Lestari yang merupakan perusahaan genteng metal dan baja ringan terbaik di Indonesia, tahun ini hadir dalam pameran IndoBuildTech 2023 dengan meluncurkan inovasi baru berupa produk atap dingin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi panas sebagai bentuk kontribusi mencegah pemanasan global. 

Industri lapis baja Tatalogam Lestari ini pun mendukung pembangunan rendah karbon yang merupakan platform baru pembangunan yang bertujuan mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan sosial melalui kegiatan pembangunan rendah emisi dan meminimalkan eksploitasi sumber.

Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Industri Hijau agar ibukota nusantara menjadi kota yang inklusif, hijau dan berkelanjutan. 

Dalam wawancara bersama team Blomil (Blogger Mungil), Stephanus Koewandi selaku CEO Tatalogam Lestari menjelaskan bahwa, " Baja, semen dan bahan kimia adalah 3 industri penyumbang emisi teratas yang sulit terkarbonisasi".

Selain berkesempatan untuk melihat-lihat pameran, saya juga berkesempatan untuk mengikuti seminar yang tema nya sangat menarik untuk dipelajari, yaitu mengenai Sustainable Construction atau Green Building.

Acara seminar yang bertajuk " Sustainable Construction " ini bertujuan untuk mengupas secara tuntas apa itu Sustainable Construction dan kaitannya dengan industri konstruksi di Indonesia. Menghadirkan beberapa pakar dibidang nya, dari kalangan akademisi, birokrasi, praktisi, dan pelaku industri yaitu :

  • Oktavianus Bramantya, S.Kom (General Manager KADIN Net Zero)
  • Yodi Danusastro, GP (Founder dan Direktur Yodya Hijau Lestari)
  • Dr. Eng Beta Paramita (Asisten Prof. Prodi Arsitektur Univ Pendidikan Indonesia (UPI) dan Founder Becool Indonesia)
  • Ir. Nicodemus Daud, M.Si (Direktur Kelembagaan dan Sumber daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementrian PUPR)
  • Ir. Herman Supriadi, M.M. (Kepala Pusat Industri Hijau, Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJ), Kementerian Perindustrian.
  • Maharany Putri, ST, MBA (Head of Govermment and Public Relations Tatalogam Group) - Moderator
Sustainable Construction/Green Building

Seiring berkembangnya populasi manusia, maka pembangunan pun ikut terus berkembang dengan pesat. Begitu pula dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang saling berlomba acap kali kurang memikirkan efeknya terhadap lingkungan dan generasi mendatang. Maka dibutuhkan perubahan dan gerakan untuk mengatasi hal ini. 

Salah satu cara untuk mengimbangi pembangunan sekaligus menjaga lingkungan dan generasi mendatang, dibutuhkan "Sustainable Construction" atau yang dikenal dengan "Green Building".

PT Yodaya Hijau Industri, perusahaan untuk jasa konsultasi Green Building untuk lingkungan pada sektor industri jasa perencanaan bangunan dan jasa konstruksi. Berdiri sejak tahun 2014 berlokasi di daerah TB Simatupang, Cilandak Jakarta Selatan, didirikan oleh Yodi Danusastro,GP yang merupakan expert team building yang sudah 10 tahun lebih berkutat di dunia green building. 

Di Indonesia sendiri tenaga ahli green building bersertifikat dipegang oleh Green Building Council Indonesia, selain itu ada di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapore, Vietnam dan Filipina.

"Dalam pelaksanaannya material-material yang digunakan harus memiliki standart yang sesuai, salah satu item nya adalah Net Zero". Jelas pak Yodi.

Ada 5 aspek standart Green Building yang dinilai, yaitu :
  1. Lahan hijau (Tanaman, jenis tanaman)
  2. Efisiensi Energi. (Bagaimana cara bank menghakimi. Saat operasional listriknya harus  rendah/super low menuju Net ZeroEnergy Building)
  3. Efisiensi Air Bersih
  4. Material Bahan Bangunan (pilih yang sesuai standart target  green building
  5. Bagaimana Menjaga Kesehatan Manusia di Dalam nya .
Untuk bahan bangunan sendiri ada 2 jalur : Kontraktor yang membelikan atau Owner yang beli lansung.
 
"Jika ada 5 produk yang dibeli, tetapi hanya 2 produk yang bisa memberikan informasi lingkungan untuk masuk kedalamproyek green building, maka tidak akan lolos karna seluruh produk harus memenuhi standart green building". jelas Yodi memaparkan.

Untuk pemilihannya berdasarkan :
  • Harga
  • Kualitas
  • Kelengkapan buku resmi
  • Bank maerial ramah lingkungan
Yang diperlukan di Green Building : 
  • Sertifikat ISO 140001
  • EPD Standart International
  • green Screen
Net Zero

Berbicara tentang Green Building tak bisa dipisahkan dengan Net Zero, yaitu kondisi dimana emisi GRK (gas rumah kaca) dari aktivitas manusia diimbangi dengan pengurangan emisi atas aktivitas tersebut, yang berarti juga pengurangan GRK di atmosfer selama jangka waktu tertentu.

Emisi sendiri berasal dari penggunaan bahan bakar langsung dan sisanya datang secara tidak langsung melalui listrik dan panas. Hal ini berarti industri baja menyumbang emisi sebesar15% dari emisi semua industri yang sekitar 70%.


Ada 3 (tiga) kerangka Kerja Utama bagi Coorporate Net Zero :
  1. Green House Gas Protokol (pengukuran), berlaku untuk seluruh entitas bisnis, domestic dan internationalyang melakukan biding untuk pekerjaan pemerintah, dengan nilai diatas GBP 5 juta dan mulai efektif tanggal 30 September 2021
  2. Science Based Targets (perencanaan), mewajibkan perhitungan emisi GRK Scope 1,2 dan subset Scope 3 memiliki Carbon Reduction Plan menuju Net Zero 2050
  3. TCFD - TaskForce onClimate -Related Financial Disclosures (pengungkapan), seluruh GRK sesuai definisi kyoto protocol, perhitungan GRK sesuai GHG protokol Scope 1,2 dan subset Scope 3. Business Travel, Employee Communiting, Upstream transport, Downstream Transport
KADIN Net Zero Hub berpandangan bahwa target utama bagi setiap perusahaan adalah pengurangan emisi, memanfaatkan teknologi yang tersedia secara komersial dan dengan struktur pasar yang tepat.
 
"KADIN Net Zero membantu perusahaan-perusahaan nasional termasuk industri yang akan bertransisi ke industri hijau yang mengarah kepada Net Zero. Dan ini bersifat mutlak atau diharuskan". Papar Oktavianus Bramantya, S. Kom atau yang biasa disapa dengan pak Bram menjelaskankan.

Penutup Atap High Albedo

Sebuah teknologi untuk mitigasi Pemanasan Global, Urban Heat Island, dan Heat Stress pada kota metropolitan Indonesia. 

Material dengan nilai rendah (u-value kecil), ketika panas datang, sebagian dari panas terpantul dan sebagian lagi baru terlepas ketika malam hari, mengakibatkan Urban Heat Island.
jelas Dr. Eng. Beta Paramita.

Pernyataan diatas merupakan karakteristik paling penting dari atap yang sejuk karena membantu memantulkan sinar matahari dan panas dari bangunan, mengurangi suhu atap. Daya pancar panas yang tinggi juga berperan, terutama di iklim yang hangat dan cerah. Bersama-sama, sifat-sifat ini membantu atap menyerap lebih sedikit panas dan bertahan hingga 50–60°F (28–33°C) lebih dingin daripada bahan konvensional selama puncak cuaca musim panas. 

 Sejarah PT Tatalogam Lestari                                                                                                                                               
PT Tatalogam Lestari merupakan perusahaan genteng metal dan baja ringan terbaik di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan oleh lembaga independen ReBi (Rekor Bisnis Indonesia). PT Tatalogam Lestari diakui oleh konsumen dan industri di Indonesia dengan mendapatkan ISO9001-2015, sertifikasi untuk Quality Management System sejak tahun 2003.

Tahun 2016, PT Tatalogam Lestari meraih penghargaan OCI (Outstanding Corporate Innovator) dari badan independen di Amerika Serikat yaitu PDMA (Product Development Management Association) atas inovasinya dalam menyediakan produk-produk inovasi yang ramah lingkungan.

PT Tatalogam Lestari memiliki Paten genteng metal dengan Nomor ID0-000-116-S dan Paten untuk atap sirap Nomor 000332-S. Inovasi adalah prinsip PT Tatalogam Lestari dalam melakukan bisnis. Alamat PT Tatalogam Lestari adalah di Tatalogam Tower, Jl. Arjuna Utara No.89, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Sejarah PT Tatalogam Lestari

PT Tatalogam Lestari berawal dari sebuah mimpi, untuk mengatapi seluruh Nusantara. Diawali dari mimpi untuk mengganti atap seng gelombang yang mudah berkarat pada tahun 1994. Semua berawal dari mimpi, berawal dari mimpi Bapak Yarryanto dan Ibu Wulani Rismono untuk mengganti atap seng yang mudah korosi di suatu daerah di Jakarta dengan produk yang indah dan berkualitas tinggi.

PT Tatalogam Lestari kini telah menciptakan sebuah ambisi yang juga merupakan visi perusahaan yaitu “Menyediakan Atap dengan kualitas yang lebih baik untuk seluruh Nusantara”. Keberadaan PT Tatalogam Lestari juga merupakan Pemilik Paten untuk atap logam dengan No. ID0-000-116-S dan Hak Pemilik atas Paten No.0000332 S sirap logam.

Kualitas PT Tatalogam Lestari diakui oleh konsumen dan industri dengan memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu pada Maret 2003. Ini merupakan prestasi tersendiri karena PT. TATALOGAM LESTARI merupakan satu-satunya produsen genteng metal di Indonesia yang memperoleh sertifikat ISO 9001:2008.


- Atap Metal

Atap metal Simantap buatan PT Tatalogam Lestari selalu menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Berbeda dengan atap seng biasa, setiap lembar atap SiMANTAP terbuat dari material  zinc dan aluminium berkualitas sesuai standar SNI sehingga memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca, karat, juga rayap.

Produk atap metal Tatalogam Lestari selalu mencantumkan spesifikasi produk dan tebal atap per lembar dengan jelas. Spesifikasi ini jarang dicantumkan oleh brand atap metal lainnya. Produk atap metal ini terdiri dari Sakura MX (Atap Gelombang Instan), Sakura Lite (Atap Polycarbonate Gelombang), dan Soka (Atap Metal).

- Genteng Metal

Produk genteng metal PT Tatalogam Lestari atau dikenal dengan Simantap memiliki banyak model, bentuk gelombang, profil, dan berbagai macam ukuran, serta variasi warna yang indah. Selain itu, ada juga genteng metal sirap yang biasanya cocok untuk rumah-rumah tradisional. Variasi pilihan ini memberikan keleluasaan bagi konsumen dalam memilih produk sesuai fungsi dan keindahan bangunan.

Produk Simantap terdiri dari empat merek dengan variasi model, ketebalan,  warna, dan harga. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera desain. Produk genteng metal PT Tatalogam Lestari di antaranya Sakura Roof, Multi Roof, Surya Roof, dan Fancy.

- Baja Ringan

PT Tatalogam Lestari selalu menciptakan produk baja ringan terbaik di kelasnya. Di tengah banyaknya produk lain yang bermunculan, produk SiMANTAP selalu jadi pilihan karena keunggulan kualitasnya. Produk baja PT Tatalogam Lestari menggunakan perpaduan material baja galvanis, zinc atau seng, aluminium, serta bahan lain yang memenuhi standar SNI sehingga dapat menghasilkan rangka bangunan yang kuat dengan pemasangan yang tidak rumit. Produk baja ringan ini terdiri dari Taso (Kaso Metal), Praktis (Kolom Metal Instan), dan Purlin (Rangka Metel Galvanis).

Produk PT Tatalogam Lestari

PT Tatalogam Lestari mengklaim dengan produk Domus membangun rumah permanen tipe 21 cukup hanya lima hari.

- FloorDeck

Bondek Floordeck SiMantap buatan PT Tatalogam Lestari selalu menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Berbeda dengan Bondek Floordeck biasa, Setiap lembar bondek floordeck SiMANTAP terbuat dari material  Nexalume solid resin yang berkualitas sesuai standar SNI sehingga memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca, karat, juga rayap.

Produk Sakura DX Merah Putih dan Bakoh Merah Putih PT Tatalogam Lestari selalu mencantumkan spesifikasi produk dan tebal atap per lembar dengan jelas. Spesifikasi ini jarang dicantumkan oleh brand bondek metal lainnya.

- Domus (Rumah Cepat Instan)

DOMUS adalah Rumah Permanen yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT Tatalogam Lestari yang memungkinkan kamu membangun rumah dengan CEPAT. Kuncinya terletak pada PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif, dan efisien.

Keunggulannya seperti: Kuat, Cepat, Hemat dan Indah, membuat DOMUS layak menjadi pilihan bagi kamu yang memerlukan rumah baik di perkotaan, di daerah urban, perkebunan, pertambangan, maupun daerah bencana. DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar, yaitu Tipe 21, Tipe 30, Tipe 36 dan Tipe 45.

- BKC (Bangunan Kuat Cepat)

Komponen struktur bangunan dibuat dari C-purlin berbahan galvanis cold formed steel dengan tegangan tarik tinggi (450 MPa) untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan efisien ukurannya. Selain memberikan ketahanan terhadap karat atau korosi, permukaan baja lapis galvanis memberikan tampilan visual yang bersih sehingga tidak membutuhkan perawatan dan pengecatan lagi.

Material penutup atap didukung oleh pabrik pembuat bahan bakunya dengan garansi > 10 tahun. Seluruh komponen bangunan tergolong sebagai baja ringan sehingga memudahkan dalam transportasi. Sambungan pada kerangka portal utama dilakukan dengan menggunakan baut/mur dengan bracket yang didisain khusus. Pengerjaan di lapangan tidak membutuhkan alat khusus maupun pekerjaan las serta dapat dikerjakan dalam waktu yang relatif lebih cepat daripada konstruksi baja konvensional.

- Aksesoris

Beberapa pendukung dibutuhkan oleh Genteng Metal seperti Nok , Screw, dan Bracket. Untuk Nok terdiri dari berbagai bentuk seperti Nok Ratu, Nok Raja, Nok Putri, Nok S, Nok WF, Nok C, Nok Sultan, Nok U, Nok Fancy, dan Nok MX.

Ada pula TASO Screw, yaitu aksesoris pendukung pada pemasangan Baja Ringan yang terdiri dari Screw Flangedhead 10 – 16 x 16 TASO dan Screw Flangedhead 12 – 14 x 20 TASO.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Mandi Parfume Bareng Vitalis Parfume Moisturizing Body Wash

Toyota All New Rush

Kemeriahan Syukuran Kumpulan Emak-emak Blogger di KEB 11 Tahun